Daftar Delapan Kabupaten di Pulau Flores

                  Daftar delapan kota/kabupaten di Pulau Flores
Kali ini kami membahas mengenai daftar jumlah kabupaten yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Lansung saja kita mulai dari yang pertama dari ujung Barat pulau Flores :

1. Kota Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan ibu kota dari kabupaten Manggarai Barat, dibentuk pada tahun 2003. Salah satu kabupaten terbaru di Flores saat ini, jadi wajar jika kota Labuan Bajo tidak memiliki bangunan-bangunan tua.

Keunggulan dari kabupaten Manggarai Barat adalah banyaknya tempat pariwisata yang menjadi destinasi utama para wisatawan lokal maupun Mancanegara. pulau Padar dan Makhluk purba Komodo adalah dua diantaranya.

2. Kota Ruteng

Kota dingin Ruteng ini ibu kota dari kabupaten Manggarai, salah satu kabupaten tertua nomor dua yang ada di Tanah Flores. Dibentuk pada tahun 1960 membuat kota ini diberi julukan kota seribu biara dan Gereja.

Kota ini memiliki suhu udarah yang sangat dingin, suhu  udarah normal kota Ruteng  25 drajat celsius. Sedangkan suhu terendah bisa mencapai 13 derajat celsius. Dan menjadikannya berada diurutan nomor 5 dari 10 kota terdingin di Indonesia

Keunggulan dari kabupaten Manggarai yaitu hampir 90 persen tanahnya begitu subur, hingga dapat menghasilkan berbagai macam jenis tanaman pertanian. Yang sangat dipastikan adalah kopi,vanili, cengkeh,dan kakao. Belum lagi dengan obyek wisata yang menjadi daya tariknya tersendiri. 

kabupaten Manggarai memang tidak memiliki pantai yang indah, akan tetapi kabupaten ini menyimpan berbagai macam Situs sejarah. Terlebih mengenai desa Adat, Kampung Adat, dan obyek wisata seperti, Gunung, Air Terjun dan Danau.

3.Kota Borong

Borong adalah Ibu kota dari kabupaten Manggarai Timur, yang dibentuk pada tahun 2007. Menjadi salah satu kabupaten termuda alias terbaru di Tanah Flores saat ini. Kab.Manggarai Timur dan Kab.manggarai Barat memiliki cerita yang sama yakni sama-sama daerah kabupaten pemekaran baru dari kabupaten Manggarai.

Tidak heran jika pembanggunan tata kota dari kedua kota ini masih dapat dibilang dalam tahap proses pembaggunan. Keunggulan yang dimiliki kabupaten Manggarai Timur sebetulnya tidak berbeda jauh dari sang induk kabupaten Manggarai. Hasil pertanian, dan sektor wisata seperti Pantai, Gunung, Air Terjun dan Danau.

4. Kota Bajawa

Kota Bajawa adalah ibu kota dari kabupaten Ngada,dibentuk pada desember tahun 1958 menjadikan Kota Bajawa sebagai salah satu kota tertua yang ada di Flores. Kabupaten Ngada sendiri memiliki kesamaan dengan kab. Manggarai, kesamaan diantara keduanya yaitu memiliki suhu udarah yang sangat dingin.

Keunggulan dari Kabupaten Ngada sendiri tidak sedikit. Tidak heran jika kabupaten Ngada sangat terkenal dikalangan wisatawan Mancanegara. Terlebih bagi yang menyukai adat dan budaya, Salah satu yang terkenal pada saat ini ialah desa Adat Bena, ini baru satu dari sekian banyak yang ada di kabupaten Ngada.

5. Kota Mbay

Mbay adalah ibu kota dari kabupaten Nagekeo, dibentuk pada tahun 2007 dengan daerah pemekaran baru dari kabupaten Ngada. Keunggulan yang dimiliki kabupaten  Nagekeo tidak beda jauh dari kabupaten kota lainnya di Flores, yakni sektor pariwisatanya yang mempesona. 

Pantai, Air terjun, kampung Adat dan desa Adat. Dibentuk pada tahun (2007) menjadikan Nagekeo sebagai salah satu kabupaten terbaru yang ada di Pulau Flores saat ini.

6. Kota Ende

Ende adalah ibu kota dari kabupaten Ende, dibentuk pada tahun 1958 menjadikannya sebagai salah satu kota tertua di Flores. Kota Ende memiliki berbagai macam keindahan Alam, pantai dan situs Besejarah.

Keunggulan yang dimiliki kabupaten Ende tentunya tidak kalah menarik dari kota kabupaten lainnya, salah satu yang namanya melegenda yaitu danau Kelimutu.

Ditambah dengan sejarah mengenai diasingnya bung Karno sang proklamator kemerdekaan, Tentu menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Ende khususnya, dan masyarakat Flores pada Umumnya.

7. Kota Maumere

Berbicara mengenai Maumere sepertinya tidak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Maumere merupakan Ibu kota dari kabupaten Sikka, kabupaten yang dibentuk pada tahun 1958 ini tidak bisa diremehkan mengenai sektor pariwisatanya.

Salah satu yang membanggakan adalah taman wisata Rohani, dan Sekolah Tinggi Seminari Ledalero. Selain itu ada Pantai, air Terjun, Danau, serta Adat dan Budayanya. Maumere adalah salah satu kota yang saya rekomendasikan bagi umat Katolik yang ingin berwisata Rohani.

8. Kota Larantuka

Larantuka adalah ibu kota dari kabupaten Flores Timur termasuk Adonara, dibentuk pada tahun 1958. Terletak diujung timur Pulau Flores menjadikannya sebagai kabupaten yang memiliki daya tarik tinggi untuk para wisatawan.

Sebelum dijadikan ibu kota kabupaten Flores Timur pada tahun 1958, Larantuka merupakan sebuah kerajaan Katolik terbesar yang ada di Nusantara. 

Sedangkan Keunggulan yang dimiliki kabupaten Flores Timur selain sektor Pariwisata, yaitu julukannya sebagai Beranda Vatikan, julukan ini tentu membuat masyarakat Flores sangat bangga. 

Selain itu tradisi Adat dari tahun ke tahun yang selalu ditunggu-tunggu oleh wisatawan Mancanegara yaitu Semana Santa. Jadi bagi anda yang ingin berwisata Rohani, Larantuka adalah salah satu kota yang saya rekomendasikan selain Maumere.

Demikian mengenai daftar jumlah kabupaten yang ada di Pulau Flores saat ini. Artikel ini kami tulis untuk saudara/saudari semua yang kemarin masih bingung dengan jumlah kabupaten yang ada di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Comments