Fakta Menarik Danau Kelimutu

Fakta menarik Danau Keilimutu
Bagi Anda yang sering berkunjung ke Flores, maka tidak asing dengan danau Kelimutu yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke danau satu ini ketika mereka berlibur ke Flores.

Oleh-oleh khas Flores pun tidak pernah ketinggalan untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Kopi Flores adalah salah satu oleh-oleh dari Flores yang sangat diminati oleh banyak orang karena kelezatan dan kesegaran rasanya.

Keindahan Danau Kelimutu yang Mempesona

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang berada di desa Pemo, kecamatan Kelimutu, kabupaten Ende, Flores, Indonesia. Gunung ini mempunya tiga buah danau kawah yang ada di puncaknya.

Ketiga danau ini dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna. Keunikan dari danau ini adalah memiliki warna yang berbeda-beda, yaitu putih, biru, dan merah.

Bahkan, warna tersebut dapat berubah-ubah tergantung dengan musim tertentu. Sebelum mengenal lebih jauh, penting bagi kita untuk mengetahui makna dari nama tempat wisata ini.

Sebenarnya, kelimutu terbentuk dari kata “Keli” yang berarti gunung dan “Mutu” yang berarti menindih. Masyarakat sekitar percaya bahwa setiap warna memiliki filosofis dan makna tersendiri dimana di dalamnya mengandung kekuatan alam yang begitu dahsyat.

Luas dan ketinggian Danau

Danau Kelimutu ini memiliki luas sekitar 1.050.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Setiap danau dibatasi dengn dinding batu sempit yang mudah longsor karena dibentuk sangat terjal dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat. Sedangkan untuk ketinggiannya adalah mulai dari 50 hingga 150 meter.

Pemandangan yang indah memang tidak perlu kita ragukan lagi, Tebing-tebing dari bebatuan yang curam melengkapi keindahan warna air dari danau tersebut. Perpaduan yang menarik ini mampu memanjakan mata. Pemadangan ini sudah bisa Anda nikmati setelah menaiki tangga sekitar 15 anak tangga yang terbuat dari semen. 

Dari lokasi tersebut, Anda bisa melihat kawasan Kelimutu berupa dua danau, yaitu Tiwu Ata Polo dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Tiwu Ata Polo merupakan danau yang berada di sebelah kanan saat kita menghadap ke arah danau. Warna danau ini adalah hitam pekat. 

Berbeda dengan danau sebelah kiri dimana warnanya hijau tosca, Danau ini bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Keduanya berada bersebelahan dengan tebing sebagai tembok pemisahnya. Dari kejauhan pun, sudah terlihat tebing-tebing di sekeliling danau.

Mitos Menurut Masyarakat Setempat

Puncak gunung bernama Tiwu Ata Mbupu memiliki danau berwarna hijau tosca bening. Letaknya berbeda dari danau yang lain. Pasalnya, danau ini menjadi tempat berkumpulnya arwah para orng tua yang sudah meninggal.

Bahkan, danau-danau tersebut dijadikan sebagai tempat untuk mengkategorikan dimana arwah akan bertempt.Masyarakat setempat percaya bahwa, orang tua yang berbuat baik semasa hidupnya, arwah mereka akan tinggal di danau Tiwu Ata Mbupu ketika sudah meninggal.

Namun, jika seseorang meninggal dalam usia yang masih muda atu belum menikah dan berbuat baik, maka arwahnya akan masuk ke danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai.

Berbeda lagi dengan danau Tiwu Ata Polo sebagi tempat bagi arwah orang tua yang berbuat buruk semasa hidupnya. Mitos tidak hanya berlaku pada penentukan tempat arwah orang yang meninggal saja, tapi juga ada mitos mengenai perubahan warna danau Kelimutu.

Konon, perubahan warna pada danau tergantung dengan suasana politik di Indonesia, Apabila warnanya biru, maka menunjukkan bahwa Indonesia sedang dalam suasana damai dan tentram. Namun, jika suasana politik sedang memanas maka warnanya akan berubah merah.

Budaya Barat dan Ketimuran yang Menyatu

Daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini bukan saja berasal dari potensi alam yang ada, tapi juga perpaduan budaya dari Mancanegara dengan Indonesia. Suasana kekeluargaan dan keramahan yang akan dirasakan oleh para wisatawan danau Kelimutu. 

Meskipun para wisatawan tidak saling mengenal, tapi mereka sangatlah ramah dengan melontarkan senyum manis. Begitu juga dengan penduduk lokal yang terus menjaga keramahan di daerahnya. Demikian fakta menarik dari danau Kelimutu yang membuat kita semakin ingin mengunjungi Flores. Semoga bermanfaat..

Comments