Keasrian Alam Danau Sano Nggoang Yang Mempesona

Keasrian Alam Danau Sano Nggoang yang mempesona
Flores menjadi destinasi wisata yang begitu menarik karena memiliki banyak tujuan wisata, termasuk danau Sano Nggong. Setiap tujuan wisata menyuguhkan oleh-oleh khas yang wajib kita coba, begitu juga dengan Kopi Flores.

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Flores, pasti sudah tidak asing dengan kopi yang satu ini. Kelezatan rasanya dan kesegarannya membuat kita tidak akan pernah lupa dan bahkan membuat ketagihan karena begitu lezat.

Daya tarik danau Sano Nggoang

Wisata alam di Flores memang tidak pernah mati dan selalu mengembangkan potensi alam yang ada hingga menjadi tempat wisata menjanjikan. Danau Sano Nggong yang terletak di kabupaten Manggarai Barat menjadi Danau Vulkanik terbesar di NTT.

Berada di ujung barat pulau Flores membuat kita bisa mengunjungi berbagai tempat wisata terdekat lainnya, seperti air terjun Cunca Rami, Cunca Wulang, Taman Nasional Komodo dan masih banyak lainnya.

Daya tarik luar biasa yang dimiliki oleh tempat wisata satu ini adalah keramahtamahan penduduk lokal dalam menyambut wisatawan yang berkunjung. Setiap wisatawan yang sampai di Nunang akan disambut oleh masyarakat setempat dengan upacara adat bernama kapu yang merupakan upacara khas Manggarai untuk menyambut tamu.

Selain keindahan alam menakjubkan, kultur budaya juga begitu terasa saat berkunjung ke danau Sano Nggong. Sebagai ibu kota Desa Wae Sano, Nunang memiliki tourisman information seperti peta wisata dan guide handal. Anda akan menemukan suasana asri, terlebih di tepi danau dan belakang kampung karena berbatasan langsung dengan hutan Mbeliling.

Kegiatan di lokasi wisata

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di tempat wisata danau Sano Nggoang ini. Berikut tips bagi Anda yang ingin membuat kenangan saat berlibur:
  • Selfie atau wefie
Pemandangan alam yang begitu takjub membuat kita harus mengabadikannya dengan berselfie atau wefie. Namun, Anda harus berhati-hati dan memperhatikan lingkungan sekitar agar tidak terjadi kecelakaan saat berfoto ria.
  • Berkeliling danau
Danau ini memiliki suasana asri dan banyak flora fauna yang bisa kita jumpai. Dengan demikian, kita bisa melakukan pengamatan sehingga akan lebih mengenai potensi alam asli Indonesia. Anda bisa berkeliling dengan berjalan.
  • Trekking
Selain danau, Anda akan menjumpai perbukitan yang bisa ditelusuri dengan trekking. Sesampainya di puncak, Anda akan melihat pemandangan secara lebih leluasa dan bebas sehingga kepuasan pribadi pun akan didapatkan. Namun, Anda harus menyiapkan tenaga yang lebih dan bekal makanan sebagai energi trekking.
  • Budaya dan Religi
Di kawasan ini, Anda akan menjumpai kampung tua di atas perbukitan Golo Blecek sebagai kampung nenek moyang penduduk Nunang. Ada juga gereja di tepi danau yang merupakan pusat penyebaran agama katolik pertama di desa Wae Sano dan sekitarnya.
  • Berendam air hangat
Sumber air hangat alami di danau ini membuat kita bisa memanfaatkannya sebagai tempat berendam yang menghangatkan tubuh.

Akses jalan menuju lokasi wisata

Untuk bisa mencapai pesona alam luar biasa tersebut, Anda harus melalui kota Labuan Bajo yang menjadi satu-satunya jalan yang bisa diakses.

Melalui jalur darat, Anda harus menuju Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sebenarnya, jarak antra kota Labuan Bajo dengan Danau Sano Nggoang tidaklah jauh, tapi kondisi jalannya yang kurang baik karena memang sedang dalam tahap pembangunan.

Kondisi jalan yang tidak bersahabat pasti akan membuat perjalanan terasa berat dan membosankan. Oleh karena itu, pemandangan alam selama perjalanan dapat menjadi teman yang baik.

Bentuk khas rumah Manggarai juga dapat terlihat sepanjang jalan sehingga kita bisa sambil mempelajari budaya yang ada di desa tersebut. Belum lagi dengan pemandangan bambu dan hutan kemiri serta keramahtamahan penduduk lokal dalam menyambut para wisatawan.

Setelah sampai di pertigaan Kampung Nunang, kebosanan Anda pun akan hilang seketika. Hamparan danau berwarna hijau, sekaligus hutan yang rimbun membuat suasana terasa asri.

Untuk bisa sampai di Dusun nunang, kita harus melalui pinggiran danau agar lebih mudah dalam memandang danau yang indah ini. Anda juga akan familiar dengan adanya itik hutan yang setiap hari mandi di danau. Semoga bermanfaat

Comments