Keindahan dan Keunikan Pantai Pink Komodo

Keindahan dan Keunikan Pantai Pink Komodo
Unik dan Menarik! Pink Beach di Pulau Komodo Wajib dikunjungi, Flores memang tidak bisa dijauhkan dari pulau Komodo yang terdapat pantai pink sebagai destinasi menarik untuk dikunjungi.

Banyaknya tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi membuat berbagai oleh-oleh menarik juga harus dibawa pulang. Salah satu oleh-oleh saat ini yang wajib dibawa pulang ketika berkunjung ke Flores adalah kerajinan tangan para warga lokal, yang berbentuk ukiran binatang purba Komodo.

Keunikan Pantai Pink di Pulau Komodo

Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda atau pink sehingga digunakan sebagai namanya. Perlu diketahui jika pantai di Flores ini merupakan salah satu dari 7 pantai yang memiliki pasir merah muda atau pink.

Jadi, kita patut berbangga memiliki pantai yang unik nan cantik ini. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT dimana taman tersebut dijadikan sebagai tempat perlindungan makhluk raksasa dan purba bernama Komodo.

Ternyata, bukan saja keindahan pasir yang dimiliki, tapi juga keindahan bawah lautnya yang menyimpan kekayaan dan keindahan hingga membuat kita takjub. Apabila kita berkunjung ke tempat ini, wajib untuk snorkeling untuk melihat istana bawah laut dengan beragam ikan, batu karang dan segala biota laut lainnya.

Jadi, jangan sampai melewatkan kegiatan ini karena pastinya Anda menyesal. Sampai sekarang, belum diketahui penyebab warna merah muda pada pasir pantai pink tersebut. Namun ada beberapa pendapat yang mencoba untuk menjelaskannya.

Pendapat pertama mengatakan jika warna pink tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama foraminifera yang mampu memproduksi warna merah muda ataupun merah menyala seperti terumbu karang.

Pendapat lainnya menyatakan jika warna merah mudah tersebut merupakan pecahan karang yang sudah mati karena memang ditemukan banyak pecahan karang berwarna pink di pasir pantai ini.

Meski belum diketahui penyebabnya, justru banyak wisatawan yang datang karena penasaran ingin melihat bagaimana indahnya pantai berpasir merah muda ini.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk bisa mencapai keindahan pantai pink, Anda bisa menyewa speed boat atau kapal dari Labuhan Bajo. Setelah itu menuju Dermaga Log Buaya yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Dari daerah tersebut, Anda bisa melihat Komodo yang begitu terkenal di dunia. Oleh karena itu, pemilihan jalur trekking sangatlah penting untuk bisa melihat habitat asli mereka.

Perjalanan dilanjutkan ke lokasi wisata, yaitu pantai berpasir pink dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kapal. Bukan hanya permainan air yang bisa Anda nikmati, tapi juga trekking melalui perbukitan yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan berjalan kaki.

Di Labuan Bajo, Anda akan menjumpai kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang biasa digunakan oleh para penyelam sekaligus bisa disewa sebagai tempat menginap saat berteluur Flores.

Anda bisa menggunakannya sebagai alat transportasi yang nyaman. Untuk bisa sampai ke Labuan Bajo, terdapat penerbangan dari Denpasar menggunakan pesawat kecil seperti Fokker menuju Bandara Komodo.

Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Kemudian dari bandara menuju Pelabuhan Bajo membutuhkan waktu kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, Anda bisa menyewa mobil menuju pelabuhan.

Kegiatan di Tempat Wisata

Melihat air pantai pink yang begitu jernih pasti membuat kita tidak tahan lagi untuk segera bermain air. Khususnya bagi Anda yang memiliki hobi menyelam, maka wajib melakukan snorkeling atau diving karena Anda akan menemukan istana bawah laut yang begitu mempesona.

Namun, bagi Anda yang enggan berbasah-basah, Anda bisa berjemur di tepi pantai karena halusnya pasir pantai akan membuat kita betah dan merasa senang saat bermain pasir.

Wisata ini juga cocok bagi para keluarga yang mengajak anak-anaknya. Sayangnya, fasilitas yang tersedia belum lengkap dan maksimal, seperti warung makan.

Sulit bagi kita untuk menemukan warung makan di lokasi tersebut sehingga disarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah, seperti makanan, minuman, obat-obatan dan keperluan lain yang sekiranya dibutuhkan saat berlibur.

Demikian Mengenai keunikan dan daya tarik yang dimiliki oleh pantai pink di pulau Komodo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai pantai pink dan ingin segera berkunjung kesana.

Comments