Kesegaran Air Terjun Cunca Rami di tengah Teriknya Flores

Kesejukan air terjun Cunca rami ditengah teriknya Flores
Pulau Flores memang selalu identik dengan Taman Nasional Komodo, padahal juga ada tempat wisata menarik lainnya salah satunya Air Terjun Cunca Rami yang bisa menjadi destinasi menarik.

Liburan di pulau Flores memang selalu memberikan pengalaman yang mengesankan. Kesegaran yang Menakjubkan dari Air Terjun Pulau Flores memang tidak bisa dipisahkan dari Taman Nasional Komodo.

Tapi siapa sangka jika ternyata terdapat tempat wisata lain yang tak kalah menarik, yaitu air terjun Cunca Rami ini. Air terjun ini berada di kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Jadi, bagi Anda yang sedang berlibur di Flores, jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini. Pemberian nama untuk air terjun ini tidaklah sembarangan karena mengandung makna tersendiri.

Yaitu air yang berarti Cunca dan hutan yang berarti Rami. Jadi, bisa dikatakan jika nama ini berarti air terjun yang berada di hutan karena memang kenyataannya, air terjun ini dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang rindang.

Air terjun ini berada di kawasan hutan tropis Mbeliling, tepatnya di kampung Roe, desa Wae Lolos, kecamatan Sano Nggoang, kabupaten Manggarai Barat. Selain air terjun ini, Anda juga bisa mengunjungi air terjun yang lokasinya berdekatan, yaitu Air terjun Cunca Lolos dan Cunca Wulang.

Akses menuju Cunca Rami

Anda bisa menjangkau air terjun ini melalui gerbang pintu pendakian Puncak Mbeliling yang berada di kampung Roe, Wae Lolos. Akses jalan yang harus Anda tempuh berjarak kurang lebih 30 km dengan kendaraan sewaan.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi sekitar 1 jam dengan kondisi jalan yang cukup baik dari Labuan Bajo. Jalanan yang sudah beraspal membuat kita lebih mudah untuk sampai ke lokasi tujuan.

Jika Anda sudah sampai di pintu air terjun Cunca Rami, pasti Anda akan menjumpai beberapa penduduk lokal yang menawarkan jasanya untuk menjadi guide lokal dengan harga yang bisa ditawar.

Pemandangan begitu asri akan Anda jumpai dengan adanya pepohonan yang mengelili dengan ketinggian sekitar 30 meter. Debit air yang dihasilkan pun cukup besar jadi Anda harus berhati-hati saat berkunjung ke tempat tersebut.

Pemandangan yang luar biasa ini bisa Anda temukan setelah Anda melalui trekking yang cukup ekstra. Medan menurun harus Anda lalui selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam.

Berbeda lagi jika Anda hendak pulang karena trekkingnya jadi naik dan biasanya ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menelusuri trekking ini.

Fasilitas lokasi Wisata

Aliran dari air terjun Cunca Rami membentuk suatu kolam seperti danau kecil yang biasanya digunakan untuk bermain air oleh para wisatawan, seperti berendam.

Minat wisatawan untuk berkunjung sayangnya tidak dibarengi dengan fasilitas yang tersedia. Bisa dikatakan jika tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai, seperti tempat ganti baju.

Mengingat tempat wisata ini menyuguhkan permainan air yang seru, bagi Anda yang hendak berganti pakaian, Anda harus menemukan tempat tersendiri di pojokan agar tidak terlihat oleh orang lain.

Selain itu, ada tempat wisata di sekitar air terjun yang tengah dikembangkan oleh masyarakat sekitar, yaitu desa adat budaya bernama Desa Liang Ndara. Di desa ini, Anda akan menjumpai beberapa adat istiadat dari desa setempat dan akan menjadi pengalaman menakjubkan dan tak terlupakan.

Selain air terjun Cunca Rami ini, masih banyak tempat-tempat wisata di Pulau Flores yang wajib Anda kunjungi karena memiliki potensi alam yang sungguh mengesankan.

Panoraman mempesona, udara yang bersih dan keramahan warga setempat akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan. Itulah cerita kesegaran air terjun Cunca Rami di tengah teriknya pulau Flores yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat..

Comments