Wisata Pulau Rinca yang tak pernah terlupakan

Wisata Pulau Rinca yang tak pernah terlupakan
Mendengar wisata Flores, pasti kita tidak akan pernah lupa dengan wisata pulau Rinca yang mampu meghadirkan kenangan berkesan. Belum lagi dengan kopi Flores yang kian dikenal oleh masyarakat luas karena rasanya yang nikmat dan berbeda dari kopi pada umumnya.

Kandungan di dalamnya juga berkhasiat untuk kesehatan kita. Tidak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan kopi Flores sebagai oleh-oleh wajib yang harus dibawa setelah berwisata di berbagai tempat di Flores.

Pesona Keindahan Pulau Rinca Pulau yang terletak di kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia ini memiliki berbagai flora dan fauna yang menarik untuk dilihat.

Selain Komodo sebagai hewan asli dari Flores, Anda juga dapat melihat kerbau, babi liar, burung dan hewan lainnya. Banyak wisatawan yang berboncong-boncong mendatangi tempat wisata pulau Rinca ini karena ini melihat tingkah binatang-binatang tersebut.

Selama perjalanan menuju pulau Rinca, Anda akan menjumpai pemandangan yang tak kalah indahnya dari tempat wisata di Flores lainnya. Bukit yang berjajaran dan hamparan laut mampu memanjakan mata.

Terlebih dengan warna bukit yang dapat berubah pada waktu tertentu, seperti berwarna kuning saat kemarau dan berwarna hijau saat musim hujan. Menarik, bukan? Selain itu, Anda bisa menjumpai berbagai macam tanaman karena pada lingkungan ini telah dicanangkan program penanaman tanaman bakau.

Bahkan, Anda bisa membeli bibitnya dan memberikan label nama sesuai yang diinginkan. Hanya dengan Rp 150.000 Anda sudah bisa membuat kenang-kenangan di pulau ini melalui penanaman bibit tanaman bakau.

Akses Menuju Lokasi Terdapat beberapa jalan yang bisa Anda pilih untuk sampai di wisata pulau Rinca. Salah satunya adalah melalui Labuhan Bajo dengan kapal sewaan.

Banyak juga wisatawan yang memilih agen wisata yang menyediakan tour keliling pulau ini. Perjalanan dari Labuan Bajo menuju pulau Rinca membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan kemudian Anda akan berlabuh di dermaga Loh Buaya.

Setelah sampai di dermaga atau pos penjagaan, wisatawan akan dipandu oleh para pemandu wisata untuk menelusuri dan menjelajahi jejak komodo di tempat wisata pulau Rinca.

Wisata seperti ini sangatlah disukai oleh anak-anak karena biasanya mereka sangat ingin melihat binatang Komodo yang selama ini hanya bisa dilihat dari TV.

Fasilitas yang Terdapat di Tempat Wisata Untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan, seperti warung makan, toilet, homestay, mushola dan lain sebagainya.

Meskipun kita bisa membeli makanan dan minuman di sana, akan lebih baik jika kita membawa bekal terlebih dahulu karena dalam perjalanan menuju wisata pulau Rinca, kita mungkin akan merasa lapar atau haus.

Saat menelusuri pulau ini, sesekali kita pasti akan melihat Komodo yang sedang berjemur. Meskipun Komodo tersebut terlihat tenang, tapi kita tidak boleh berdekatan karena mereka bisa saja melakukan pergerakan mendadak dan agresif yang bisa membahayakan kita.

Oleh karena itu, terdapat jarak pandang yang harus kita patuhi saat menelusuri pulau yang dipenuhi Komodo. Apabila wisatawan sedang ramai berkumpul, biasanya para pemandu akan mengadakan atraksi bersama Komodo menggunakan bola, kayu atau daging sebagai makanannya.

Atraksi ini tak ayal membuat para wisatawan merasa terhibur dan senang. Tips Berwisata Menyenangkan di Pulau Rinca Semua orang pasti merasa senang saat bisa berlibur.

Khususnya di tempat dengan panorama indah dan udara yang sejuk seperti yang ada di pulau Rinca. Namun, untuk mendapatkan liburan yang lebih menyenangkan, maka diperlukan beberapa tips yang harus dilakukan.

1. Membawa bekal seadanya Meskipun sudah ada fasilitas berupa warung makanan, tapi tetap saja kita harus membawa bekal seadanya, seperti air mineral, roti atau makanan ringan sebagai pengganjal perut saat perjalanan.

2. Jangan mendekati binatang buas, seperti komodo Komodo jika dilihat terbilang tenang, tapi tidak ada yang menyangka jika mereka akan bergerak secara agresif dan dapat menyerang siapa saja di dekatnya, jadi Anda harus berhati-hati.

3. Mengabadikan momen Inilah kegiatan yang harus Anda lakukan selama melakukan perjalanan liburan agar bisa menjadi kenangan yang berharga. Demikian wisata pulau Rinca yang harus Anda kunjungi saat berkunjung ke pulau Flores. Semoga bermanfaat..

Comments