Fakta menarik seputar keunikan wisata alam Flores

     Fakta menarik seputar keunikan wisata alam Flores
Wisata alam Flores memang telah lama dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai destinasi liburan yang memiliki keindahan panorama alam yang memanjakan mata.

Flores adalah salah satu pulau yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Flores sendiri merupakan Salah satu pulau terbesar di provinsi tersebut selain pulau Sumba dan Pulau Timor.

Flores sering menjadi tujuan utama para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Pulau Flores, memliki julukan lain yaitu Nusa Nipa dan memang pulau ini dianugerahi dengan pesona alam yang sangat indah, selain itu budaya serta tradisi yang beraneka ragam.

Flores pun memiliki sesuatu yang khas dan tidak ditemui di destinasi wisata manapun di Indonesia. Banyak hal-hal yang unik dan mungkin belum pernah Anda saksikan secara langsung. Berikut ini adalah keunikan dari wisata Alam Flores.

Keindahan pantai romantis dengan pasir berwarna Pink

Pantai Pink merupakan wisata alam flores yang memiliki daya tarik sangat unik. Pernahkah Anda melihat pantai yang memiliki pasir berwarna pink ? Didunia ada sekitar 7 pantai yang memiliki pasir berwarna pink dan salah satunya terdapat di pulau Flores. Pantai ini terletak di Pulau Komodo.

Untuk menuju kesana Anda harus menggunakan transportasi yaitu perahu atau dengan speed boat. Pantai ini terlihat sungguh sangat cantik, perpaduan antara warna biru dari air laut serta warna pink dari pasir sungguh membuat mata tak bosan memandang.

Warna pink dari pasir tersebut berasal dari serpihan terumbu karang yang tersapu oleh ombak. Terumbu karang di pantai pink ini pun masih sangat alami dan belum terjamah oleh manusia.

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini adalah diving ataupun snorkling. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut pantai pink hingga puas.

Tentu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menyelam. Aneka terumbu karang yang berwarna warni serta ikan-ikan kecil dari bermacam spesies menjadi daya tarik wisatawan yang mengunjungi pantai ini.

Fosil Penyu yang penuh Misteri

Keunikan wisata alam Flores selanjutnya adalah Gua Batu Cermin yang terletak di desa Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat. Di dalam gua ini terdapat fosil penyu yang telah berusi ribuan tahun.

Mungkin tak akan ada yang menyangka jika jauh di dalam sebuah gua ada fosil penyu yang notabene adalah hewan yang biasanya hidup di lautan. Selain karena fosil penyu, gua batu cermin juga terkenal dengan keindahan stalaktit dan juga stalagmit.

Jika ada cahaya yang menembus masuk ke dalam gua tersebut, maka para wisatawan dapat melihat keindahan dari stalaktit dan stalagmit yang berkilauan bagaikan cermin yang diterpa cahaya. Hal ini disebabkan karena kandungan garam yang terdapat di dalam air ketika hujan turun.

Crop Circle Ufo Ala Pulau Flores Yang Sangat Menarik

Seperti dalam cerita fiksi tentang alien yang meninggalkan jejak yang biasa disebut dengan crop circle. Pulau Flores juga memiliki “Crop Circle” yang memiliki pola sangat menarik.

Jika Anda penasaran, cobalah untuk datang ke desa Cancar di kabupaten Manggarai. Disana ada hamparan sawah yang memiliki pola teratur layaknya sebuah crop circle.

Jika dilihat dari atas bukit, hamparan sawah ini nampak seperti pola jaring laba-laba yang sangat besar. Bukan tanpa sebab atau hanya karena keisengan semata, para petani di desa ini memang sengaja  membuat pola tersebut karena untuk menentukan daerah garapan dari masing-masing petani.

Jika ingin melihat pola-pola “Crop Circle” ini maka kita harus terlebih dahulu mendaki bukit yang mengelilingi sawah-sawah tersebut.

Rumah Adat yang memiliki nama terpanjang

Keunikan wisata alam flores selanjutnya berasal dari rumah adat daerah tersebut. Adalah “Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara” yaitu nama rumah adat yang berada di Flores.

Nama yang cukup panjang dan rumit untuk diucapkan apalagi diingat. Namun, disitulah letak keunikannya. Rumah adat ini berada di desa Koanara, Kelimutu. Tak hanya namanya saja yang unik, bentuk rumah ada ini pun juga sungguh unik.

Itulah beberapa keunikan wisata alam yang ada di Flores yang mungkin membuat Anda penasaran. Jika Anda memiliki waktu liburan yang cukup panjang, maka tak ada salahnya jika Anda mengunjungi destinasi wisata alam Flores yang memiliki berbagai macam keunikan.

Comments