Ini dia Oleh-oleh Khas Flores yang wajib Anda bawah pulang

  Menikmati Kopi Bajawa Khas Flores yang Mendunia
Berbicara tentang Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), ketika Anda berlibur disini Anda bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Flores. Sebab, selain destinasi wisatanya yang indah, di Flores Anda bisa menemukan berbagai macam makanan dan souvenir yang menarik untuk di bawa pulang. Di sentra ekonomi kota pulau Flores Anda akan menemukan oleh-oleh yang unik dan menarik.

Beberapa oleh-oleh menarik yang bisa Anda bawa pulang seusai melancong di Flores, sebagai berikut.

Makanan Khas Sorgum dari Flores di pulau Flores ini memiliki tekstur tanah yang berbatu dan berpasir, sehingga tanaman padi atau jagung pun tidak bisa tumbuh di tanah ini. Sebab, tanaman akan kekurangan zat hara dari tanah serta kekurangan air.

Memang sangat wajar karena disana curah hujan sangat sedikit, maka masyarakat di Flores memiliki sumber pangan alternatif lainnya, yaitu sorgum. Tanaman sorgum ini bisa di olah menjadi berbagai macam sajian seperti tepung sorgum mentah, bubur sorgum, hingga di olah menjadi kue yang lezat dan unik.

Di beberapa toko oleh-oleh khas Flores Anda bisa menemukan berbagai macam sajian masakan dari bahan sorgum ini. Baik sorgum yang masih berupa tepung mentah hingga yang sudah di olah menjadi aneka kue yang lezat.

Madu Hutan Flores yang Kaya Nutrisi

Kemudian selain sorgum Anda bisa menemukan madu hutan Flores murni, sebab beberapa wilayah Flores memang menjadi penghasil madu hutan yang sangat kaya. Jadi, ketika Anda berlibur ke Flores jangan lupa untuk mencicipi madu hutan murni yang sangat lezat dan bergizi.

Untuk harga madu hutan asli ini di banderol harga yang cukup mahal yaitu Rp. 75.000 per 350 ml. Namun, semua itu sepadan dengan rasa dan khasiat dari madu hutan flores asli tersebut.

Jagung Titie Khas Flores

Untuk jagung yang berasal dari Flores ini memang memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan jagung di daerah lainnya. Sebab, di daerah yang memiliki cuaca panas ini membuat tanaman jagung disana memiliki cita rasa yang gurih dan kering.

Salah satu olahan dari jagung khas Flores ini adalah jagung titie. Oleh-oleh khas Flores ini berbahan dasar dari jagung pulut yang berasal dari Pulau Solor, Flores Timur. Nah, untuk jenis jagung ini ada dua yaitu jagung yang berwarna putih dan kuning, rasanya pun sangat berbeda.

Untuk jagung yang berwarna kuning ini memiliki rasa sedikit manis, sedangkan jagung yang berwarna putih memiliki rasa gurih. Untuk pengolahan jagung ini bisa digoreng terlebih dahulu agar rasa krispi dari jagung ini keluar. Namun, Anda juga bisa menikmatinya dengan memakannya langsung.

Anyaman dari Pucuk Daun Lontar

Salah satu oleh-oleh khas Flores adalah kerajinan dari anyaman yang sudah ada dari generasi ke generasi  masyarakat NTT. Saat ini hasil karya masyarakat Flores semakin mendunia dan di kenal banyak masyarakat.

Anyaman khas Flores ini telah mengikuti berbagai ajang internasional dan melakukan penjualan ekspor, sangat mengagumkan bukan? Salah satu ciri khas dari anyaman ini adalah terbuat dari pucuk daun lontar yang berusia 3 bulan.

Daun lontar tersebut memiliki warna kuning muda dengan tekstur halus dan kuat. Salah satu sentra yang memproduksi anyaman unik ini adalah Rumah Anyam Du’Anyam.

Terletak di desa Wolublolong, pulau Solor. Kemudian dari bahan pucuk daun lontar ini di buat kerajinan seperti tikar, topi, hingga souvenir unik dan menarik lainnya.

Kopi Bajawa Khas Flores

Bagi para pecinta kopi harus coba kopi khas Flores ini, karena kopi bajawa merupakan salah satu oleh-oleh khas Flores yang sangat nikmat. Kopi bajawa bukan hanya terkenal di Indonesia, namun juga sudah banyak dikenal hingga luar negeri.

Hal ini dikarenakan kopi jenis arabika ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Sebab, kopi ini masih menggunakan pupuk organik tanpa adanya bahan kimia. Sehingga rasa dan aroma yang dihasilkan sangat nikmat.

Beberapa makanan hingga aneka souvenir unik dari Flores ini bisa Anda jadikan salah satu oleh-oleh saat berkunjung di Pulau Flores. Karena saat berlibur di Flores, jika Anda tidak membawa buah tangan seperti oleh-oleh khas Flores tersebut memang belum lengkap. Semoga bermanfaat..

Comments