Menikmati Kopi Bajawa Khas Flores yang Mendunia

Menikmati Kopi Bajawa Khas Flores yang Mendunia
Siapa sih yang tidak mengenal kopi? Salah satu  kopi yang sangat nikmat dan sudah di kenal hingga ke luar negeri yaitu Kopi Bajawa. Kopi ini berasal dari Flores serta memiliki aroma dan cita rasa yang khas.  Tak heran jika kopi ini banyak di cari oleh para pecinta kopi demi merasakan kenikmatan kopi khas Flores tersebut.

Di negara Indonesia merupakan salah satu negara sebagai penghasil kopi, sebab di iklim tropis ini pohon kopi bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan butiran kopi yang berkualitas. Sehingga sangat banyak jenis kopi berkualitas dengan aroma dan cita rasa yang khas di negara Indonesia, salah satunya yaitu kopi Bajawa ini.

Asal Mulanya Kopi Khas Flores yang Mendunia

Untuk kopi khas Flores atau sering disebut kopi bajawa ini berasal dari perkebunan kopi dataran tinggi di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Nah, di daerah Flores ini sebenarnya memiliki dua jenis kopi daerah yang nikmat, yaitu bajawa dan manggarai. Untuk kopi jenis bajawa ini termasuk ke dalam kopi arabika.

Kemudian untuk cita rasa dan kenikmatan dari kopi ini sangat di sukai oleh para pecinta kopi baik dalam negeri hingga manca negara. Tak heran jika dari biji kopi ini di manfaatkan oleh masyarakat Ngada sebagai sumber pendapatan atau mata pencaharian yang sangat menjanjikan.

Oleh karena itu, masyarakat Ngada membudidayakan tanaman kopi jenis arabika ini dengan baik. Luas perkebunan kopi di dataran tinggi Kabupaten Ngada ini berada di ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, iklim dan curah hujan di Flores sangat pas untuk budidaya tanaman kopi yaitu memiliki curah hujan 2.500 mm per tahun. Kemudian pada bulan Juni hingga Oktober barulah terjadi kemarau.Maka, dengan iklim seperti inilah yang mampu menghasilkan kopi bajawa dengan kualitas terbaik.

Inilah Keistimewaan dari Kopi Flores Bajawa

Dalam proses budidaya tanaman kopi di Flores ini masih menggunakan cara tradisional atau organik. Salah satunya dengan penggunaan pupuk organik tanpa adanya bahan kimia atau pestisida pada tanaman kopi.

Hal inilah yang membuat kopi ini menjadi istimewa, sebab dengan proses yang alami ini mampu menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan nikmat. Sehingga biji kopi bajawa ini memiliki aroma yang nikmat dan cita rasa yang sangat khas. Untuk dari segi rasa kopi Flores bajawa ini tidak begitu pahit dan rasanya lebih ringan.

Maka, bagi Anda yang ingin menikmati kopi ini bisa mencicipinya dan rasakan aroma serta cita rasa yang khas dari kopi tersebut.Bagi para pecinta kopi hal ini tentu tidak akan di lewatkan begitu saja, sebab kopi yang berkualitas harus dinikmati dengan cara yang tepat.

Proses Pembuatan Kopi Bajawa Flores

Untuk proses pembuatan kopi khas Flores bajawa ini pada umunya masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan proses sangrai. Pada saat proses ini kopi akan di sangrai pada tingkat medium,

sehingga kopi mampu menghasilkan citarasa yang khas dengan bau bubuk kopi kering. Untuk tingkat keasaman kopi ini sedang dan tingkat kepahitan dari sedang hingga medium.

Jadi, sangat cocok untuk Anda yang baru saja menjadi pecinta kopi. Kopi Flores bajawa ini merupakan salah satu kopi jenis arabika, sehingga untuk aroma dan cita rasanya sangat berbeda dengan kopi jenis robusta yang cenderung lebih pahit.

Namun, rasa dari kopi arabika ini cenderung sedikit asam dan juga ringan. Untuk kualitas kopi khas Flores ini tidak perlu di ragukan lagi, dengan proses alami tanpa adanya bahan kimia mampu menghasilkan biji kopi yang berkualitas untuk Anda.

Maka tak heran, jika harga dari kopi ini cukup mahal. Bagi Anda sebagai pecinta kopi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba kopi khas Flores ini. Dengan kualitas biji kopi terbaik tanpa adanya bahan kimia,

membuat kopi ini di sukai banyak orang baik dari dalam negeri hingga manca negara. Sebab, kenikmatan dari kopi bajawa ini memang sangat menggoda para pecinta kopi. Semoga bermanfaat..

Comments