Rumpu Rampe Makanan Tradisional Khas Flores Yang Wajib Dicicipi

Rumpu Rampe Makanan Khas Flores Yang Wajib Dicicipi
Makanan khas Flores memang merupakan salah satu hal unik yang harus anda cicipi ketika berkunjung ke lokasi tersebut. Selain terkenal karena keistimewaan panorama alamnya yang menjadi surga destinasi wisata.

Bagi para wisatawan Flores juga memiliki kekayaan kuliner dengan cita rasa yang lezat dan juga menggugah selera siapa saja yang berkunjung ke pulau eksotik di Indonesia tersebut.

Disebuah daerah di pulau Flores, tepatnya di Maumere, ada sebuah masakan daerah Flores yang memiliki keunikan baik dari segi bahan pembuatnya, rasa dan juga penyajian dari kuliner tersebut.

Makanan ini memang sudah tak asing lagi bagi penduduk daerah tersebut dan bahkan oleh mereka makanan ini dijadikan sebagai makanan yang paling banyak disukai oleh siapa saja.

Rumpu Rampe Makanan Yang Sehat Dan Kaya Serat

Oleh masyarakat Flores, Hidangan khas Maumere ini biasa dikenal dengan nama Rumpu Rampe khas Flores. Rumpu rampe sendiri merupakan istilah dari bahasa Flores yang memiliki arti banyak, beragam dan ramai.

Itulah mengapa masakan ini diberi nama Rumpu Rampe karena bahan dasar pembuatan masakan ini adalah dari berbagai macam sayuran yang mudah ditemui disekitar kita.

Karena dibuat dari berbagai macam tumbuhan yang alami seperti daun pepaya, bunga pepaya, daun singkong, jantung pisang dan aneka sayuran lainnya, maka hidangan ini bisa dibilang merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan.

Rumpu Rampe sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak serat yang berguna untuk pencernaan serta sangat kaya akan vitamin.

Selain itu, rumpu rampe juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan juga darah tinggi atau hipertensi. Bagi para pengidap penyakit tersebut, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan ini.

Karena kandungan zat alami yang terdapat pada daun pepaya dan juga bunga pepaya sangat ampuh untuk membantu menyembuhkan kedua jenis penyakit tersebut. Karena hal itulah masyarakat Flores gemar sekali mengkonsumsi hidangan ini.

Masakan Rumpu Rampe Mirip Urap-Urap Yang Terkenal Di Tanah Jawa

Sekilas, makanan ini nampak seperti masakan khas dari jawa, khususnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Memang, bagi yang belum mengetahui, mungkin akan mengira bahwa masakan ini adalah Urap-Urap.

Rumpu rampe memang memiliki kesamaan dengan urap-urap dari segi bahan, namun sebenarnya panganan ini sangat berbeda dengan urap-urap.

Jika urap menggunakan tambahan parutan kelapa yang dibumbui, rumpu rampe tidak menggunakan kelapa sama sekali. Rumpu rampe, selain dihidangkan untuk panganan sehari-hari, juga selalu disajikan pada setiap acara adat yang sedang digelar.

Kuliner ini meskipun berasal dari Maumere, kemudian menyebar ke seluruh penjuru Flores. Bukan hanya mereka yang berada di Flores namun bagi masyarakat Flores yang sedang pergi merantau pun biasanya masih tetap menyajikan masakan ini dimanapun mereka berada.

Cara Membuat Rumpu Rampe Khas Flores

Rumpu rampe, diolah dengan cara ditumis seperti kebanyakan masakan yang berbahan sayuran. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan utama masakan khas Flores ini yaitu daun singkong.

Daun dan bunga pepaya serta jantung pisang, untuk bumbu yang diperlukan adalah bawang merah dan bawang putih, cabai, tomat dan juga bumbu penyedap lainnya.

Sebelum ditumis, bahan bahan sayur untuk masakan ini harus dibersihkan dan dipotong dengan ukuran yang kecil. Setelah itu sayuran harus direbus terlebih dahulu lantas ditiriskan.

Untuk mengurangi rasa pahit dari daun dan bunga pepaya, bisa menggunakan garam dapur sebanyak mungkin pada saat sayuran telah diiris kemudian diremas lalu diperas airnya dan setelah itu dicuci hingga bersih.

Setelah bahan utama selesai direbus, lantas langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu pelengkap. Rasa yang paling dominan dalam kuliner khas Flores ini adalah pedas dan gurih.

Rasa pedas didapatkan dari penggunaan cabai merah serta cabai rawit, kemudian untuk rasa gurih itu sendiri didapatkan dari campuran udang rebon atau terasi.

Semua bumbu-bumbu tersebut bisa dihaluskan atau hanya diiris saja sesuai dengan selera. Setelah semua bahan siap, proses selanjutnya adalah menumis semua bahan tersebut hingga matang dan bumbu meresap.

Biasanya rumpu rampe ini disajikan bersamaan dengan ikan bakar dan jagung bose, atau bisa juga dengan nasi hangat. Dan bagi anda yang ingin berkunjung ke Flores Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Flores yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Comments