Proses Pembuatan Miras Tradisional Khas Flores

Proses pembuatan miras Tradisional Flores
Flores sebuah pulau yang eksotik yang terletak di Timur Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau ini bukan hanya menyediakan berbagai macam keindahan Alamnya, namun adat istiadat yang masih begitu kental yang terus dilestarikan. 

Salah satu hal unik di Tanah Flores adalah tradisi unik Masyarakatnya yang tidak lepas dari miras tradisional Flores, atau yang biasa masyarakat Flores sebut Sopi dan Moke. Ya, minuman ini adalah minuman tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi dan mengeliling daratan Flores, Anda jangan kaget bila di pinggir jalan sering menemukan botol minuman yang terparkir dipinggir jalan raya. Itu adalah sopi atau moke, di Flores sendiri umumnya menjual bebas minuman beralkohol sangat dilegalkan.

Tradisi ini sudah berlaku lama, dan hingga saat ini masih terus dilestarikan oleh generasi muda Flores. Ini adalah bagian dari mata Pencaharian dari sebagian penduduk Flores, selain bertani dan berternak.

Proses pembuatan miras tradisional khas Flores

Proses pembuatan miras tradisional Flores seperti Sopi atau pun Moke sebenarnya tidak beda jauh dari minuman keras yang ada di daerah lainnya di Indonesia ini. Prosesnya pun sama terbuat dari buah pohon Enau atau buah Aren, hanya saja pembuatannya sedikit berbeda dari pada umumnya. 

Proses pembuatannya terbilang alami tidak ada campur zat kimia ataupun bahan pengawet lainnya, langkah pertama adalah memetik buah Aren dari pohonnya, memetik dan mengumpul buah Aren tidaklah sedikit untuk menghasilkan miras yang berukuran 1 botol 1500 ml.

Selanjutnya mencuci dan membersihkan buah - buah tersebut, setelahnya buah-buah itu diiris untuk mendapatkan air atau getahnya. Setelah mendapatkan air dari buah-buah aren tersebut, barulah proses masak menggunakan Priuk yang terbuat dari tanah liat dan masak menggunakan api tungku, proses ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika selama ini banyak yang berfikir bahwa hasil rebusan aren itu adalah yang akan menjadi sopi, maka itu salah. Karena yang diambil dari proses masak ini adalah uap dari hasil rebusan getah buah aren yang sudah terkumpul banyak tadi.

Tingkat Kadar Alkohol

Kadar Alkohol miras tradisional Flores pun ada tingkatannya masing-masing, mulai dari 10% untuk tingkatan kualitas standar, dan dengan 70% untuk kualitas bagus alias terbaik.

Untuk mendapatkan sopi dan moke dengan kualitas terbaik 70% biasanya para pengrajin minuman beralkohol ini hanya bisa menghasilkan 2 botol berukuran 1500 ml setiap harinya.

Mengingat prosesnya yang begitu lama, menghasilkan 2 botol per hari saja sudah cukup bagus. Pembuatan Sopi dan moke sebetulnya tidaklah terlalu rumit, hanya saja proses tunggu setiap tetes dari uap masakaan aren ini lah yang membuatnya lama.

Karena tetesan dari setiap uap tersebut lah yang akan menjadi Sopi, sedangkan untuk mendapatkan kwalitas terbaik hasil tetesan pertama akan diolah kembali hingga menjadi tetesan lagi.

Maka tidak heran, jika untuk menghasilkan kualitas sopi terbaik dalam sehari  mampu menghasilkan 2 botol berukuran 1500 ml. Sedangkan untuk kualitas sopi yang 10% hanya butuh sekali proses, yakni tetesan uap pertama. Harga jualnya pun akan bergantung dari kualitas sopi yang dihasilkan.

Adat dan Miras

Pada umumnya Masyarakat Flores adalah Peminum, Jika anda berasal dari Tanah Fores, atau lahir dan besar di Flores anda tentu tidak asing dengan namanya minuman beralkohol seperti miras tradisional Flores.


Anda juga tentu pernah merasakan tuak putih yang tingkat alkoholnya sangat rendah, biasanya ini kita temui pada setiap ada upacara adat. Perlu untuk anda ketahui setiap ada upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Flores, minuman miras tradisional khas Flores akan selalu ada disetiap hidangan pembuka, dan sepanjang acara tersebut berlansung.

Ini bukan hal baru, tapi sudah menjadi tradisi dari leluhur masyarakat Flores. Apa pun jenis acaranya, entah acara Adat yang begitu sakral atau pun acara nikahan.

Peminum Dan Pemabuk 

Banyak laki-laki Flores yang menyukai minuman beralkohol seperti miras tradisional Flores ini, sebenarnya minuman beralkohol hanya dianjurkan untuk mereka yang punya jiwa yang sehat,  tentunya menggunakannya dengan secara dewasa.

Selain itu anda juga seorang peminum atau pemabuk? jika anda seorang pemabuk minuman berakohol sangat tidak disarankan untuk anda, karena akan mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan lingkungan sekitar.

Tapi jika anda seorang peminum biasanya seberapa banyak pun minuman yang anda habiskan tidak akan merugikan orang lain maupun lingkungan sekitar anda. Karena antara peminum dan pemabuk memiliki sikap yang berbeda setelah mengonsumsi minuman beralkohol. Bagi seorang peminum di tanah Flores mengonsumsi minuman beralkohol seperti miras tradisional Flores hanya untuk menglengkapi sebuah tradisi adat.

Tapi bagi mereka para pemabuk tradisi tetaplah tradisi, tapi minuman alkohol tetap menjadi bagian untuk membuat diri setengah gila. Itulah yang harus kita ketahui jika ingin mengonsumsi minuman beralkohol seperti miras tradisional Flores tersebut. Tapi apa pun alasannya, namanya minuman beralkohol tetap tidak baik untuk kesehatan.

Comments