Berburu Ombak Di Pantai Nemberala Pulau Rote NTT

Berburu Ombak Di Pantai Nemberala Pulau Rote,NTT
Berburu Ombak di Pantai Nemberala Pulau Rote NTT, Pantai Nemberala Pulau Rote merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah dan juga ombaknya yang kelas dunia serta diburu oleh para peselancar dunia.

Pantai ini berada di sebelah barat daya Timor dengan luas hanya 1.214 km2. Pantai ini disebut-sebut Kuta nya Pulau Rote sebab mempunyai hamparan pasir putih bersih dan juga ombak yang menantang para peselancar.

Banyak peselancar yang datang untuk menakhukkan ombak di Pantai Nemberala Pulau Rote ini. Ombak di pantai ini juga sudah berskala internasional sehingga tak heran jika ada banyak wisatawan manca negara yang datang. Pada bulan Agustus hingga Oktober, ombak pantai ini mencapai tinggi 7 meter dan setiap tahunnya pemerintah mengadakan kompetisi selancar internasional.

Waktu Tepat Ke Pantai Nemberala

Apabila anda ingin datang ke Pantai Nemberala Pulau Rote, akan lebih baik jika anda datang di bulan-bulan yang tepat yakni pada bulan April hingga pertengahan Oktober.

Sebelum datang akan lebih baik jika anda juga melakukan pemesanan atau reservasi terlebih dahulu, baik itu pemesanan pada hotel maupun pemesanan transportasi sebelum anda datang. Hal ini tentu saja agar anda juga lebih mudah melakukan aktivitas di sana.

Umumnya pilihan untuk menginap di pulau ini ialah di rumah-rumah penduduk setempat atau anda juga bisa dengan menyewa kamar hotel yang sederhana.

Untuk hotel tersebut sebagian besar dioleh oleh orang asing, bukan penduduk setempat. Walaupun fasilitas yang mendukung cukup terbatas, namun Pantai Nemberala Pulau Rote ini ialah salah satu pantai yang jadi kunjungan para wisatawan.

Aktivitas Menarik Pantai Nemberala

Selain anda bisa berselancar di Pantai Nemberala Pulau Rote, anda juga bisa melakukan banyak hal menarik yang lainnya. Misalnya saja memancing, berenang, dan tentu saja masih banyak lagi.

Kegiatan yang sangat populer di Pantai Nemberala ini ialah memancing. Hal ini dikarenakan lautan yang ada di sekitar pantai ini mempunyai cukup banyak jenis spesies ikan yang bisa anda temukan.

Umumnya spesies ikan yang kerap kali dijumpai ialah jenis ikan makarel spanyol, tuna sgigi anjing, trevalli, tuna sirip kuning, sailfish, marlin, wahoo, kerapu, dan juga ikan kakap putih.

Selain itu aktivitas yang seru lainnya yang bisa anda nikmati di pantai ini ialah snorkeling. Dengan snorkeling anda dapat menikmati kehidupan biota bawah laut yang sangat indah di pantai ini.

Jika anda melakukan snorkeling maka anda bisa melihat berbagai macam terumbu karang dengan warna-warna yang indah, ikan di karang kecil, pelagis yang ukurannya lebih besar, dan juga cangkang-cangkang laut yang sangat indah yang masih ada penghuninya dan juga masih hidup, serta anda juga bisa sesekali melihat gurita yang lewat.

Aktivitas yang lainnya anda bisa menjelajah pulau, berselancar, dan juga perjalanan menuju ke desa sekitar. Jika anda melakukan penjelajahan pulau, berarti anda bisa pergi ke pulau yang lain disekitar Pantai Nemberala, misalnya saja Pulau Do’o, Pulau Donna, dan juga Pulau N’Doa.

Anda bisa menyewa perahu milik nelayan jika ingin berkunjung ke Pulau-pulau kecil tersebut. Selain melakukan aktivitas air, anda bisa juga melakukan kegiatan lainnya yang juga menarik seperti misalnya perjalanan ke desa sekitar.

Anda bisa belajar bagaimana cara untuk hidup secara tradisional dan juga belajar mengenai budaya yang dimiliki oleh penduduk sekitar yang cukup menarik dan juga unik. Anda bisa mengunjungi rumah Raja Rote, mengunjungi kampung tenun, dan bahkan anda bisa melihat bagaimana cara budi daya rumput laut.

Akses Menuju Pantai Nemberala

Akses menuju pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan dua jalur, yakni jalur udara dan juga jalur laut. Apabila anda memilih melalui jalur udara maka anda bisa memakai pesawat di bandara El Tari, Kupang untuk ke bandara Lekunik Rote.

Namun jika anda memeilih untuk memakai jalur laut, maka anda dapat naik kapal feri dari pelabuhan Dolok Kupang, menuju pelabuhan Pantai Baru Rote. Jika mengggunakan jalur laut maka jarak tempuh yang harus anda lalui ialah sekitar 3 hingga 4 jam.

Selain itu anda juga bisa menggunakan speed boat di pelabuhan Tenau Kupang yang akan memakan waktu singkat yakni hanya sekitar 1 sampai 2 jam maka anda bisa sampai di Pantai Nemberala Pulau Rote .Semoga bermanfaat.

Comments