Kain Khas Yang Menawan dari Adonara Flores Timur

Kain Khas Yang Menawan dari Adonara Flores Timur
Kwatek dan Nowing, Kain Khas Adonara yang Menawan, Kain khas Adonara adalah kain tradisional yang dipakai oleh masyarakat Adonara di Flores Timur, NTT. Seperti kita ketahui, Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang semuanya sangat unik dan menarik.

Ada banyak etnis dan suku di Indonesia dimana masing-masing suku dan etnis memiliki bahasa, budaya dan pakaian adat tersendiri hal ini menjadi kekayaan bangsa yang sangat luar biasa, dimana tidak banyak negara di dunia yang memilikinya.

Adat dan budaya suatu etnis biasanya ditunjukkan dalam bentuk tarian, upacara adat, bangunan adat dan pakaian adat. Unik yang membedakan dengan etnis yang satu dengan etnis yang lainnya, dalam hal pakaian adat, keunikan biasanya ditunjukkan dalam bentuk aksesoris serta jenis kain yang dipakainya.

Kain tradisional merupakan kain yang dibuat secara tradisional dengan menggunakan bahan dan cara pembuatan manual sehingga menghasilkan kain yang unik dan memiliki nilai budaya tinggi. Mengenal Kain Khas dari Adonara, Seperti yang sudah disebutkan tadi, Indonesia memiliki banyak suku dan etnis dimana masing-masing memiliki adat istiadat tersendiri.

Mereka juga memiliki pakaian adat serta kain daerah tersendiri yang menjadi kebanggaan daerah tersebut. Kain khas Adonara adalah kain tradisional yang dibuat dan dipakai oleh masyarakat Adonara yang berada di Flores Timur, NTT. Sebagai kain tenun khas daerah, kain yang satu ini menjadi kain kebanggaan bagi masyarakat lokal.

Kain tradisional yang satu ini memiliki keindahan tersendiri sehingga bukan saja banyak disukai oleh turis lokal, tetapi banyak turis manca yang terkagum-kagum dengan kain tradisional Florest timur.

Untuk melestarikan dan mempromosikan Kain Tenun Adonara, pemerintah mewajibkan PNS di daerah tersebut untuk memakai kain adonara pada hari-hari yang sudah ditetapkan. Sama seperti kain tenun tradisional lain yang ada di Nusantara, kain tenun Adonara syarat dengan nilai-nilai budaya masyarakat sekitar.

Ciri Khas Kwatek dan Nowing

Kain khas Adonara merupakan kain tradisional Adonara yang sudah ada sejak dulu. Kain tradisional yang satu ini 90% dibuat dari bahan tradisonal dan 10% dari bahan kain modern untuk menambah kecantikannya. Alat yang digunakan untuk menenun kain ini adalah alat tradisional yang tentunya dioperasikan secara manual. Karena dikerjakan secara manual maka proses pembuatannya memerlukan waktu yang panjang. Hal ini penting untuk menjaga kualitas, keaslian dan keunikan kain Adonara.

Kain khas Adonara memiliki ciri khas yang terletak pada motif kain tersebut. Kain tradisonal yang satu ini secara umum dibagi dua, yaitu kain Kawatek dan kain Nowing. Kain Kawatek adalah kain Adonara yang memiliki motif warna yang beragam. Kain Kawatek biasanya hanya dipakai oleh para laki-laki saja. Kain Nowing adalah kain adonara yang memiliki warna-warna monoton. Kain Nowing biasanya hanya dipakai oleh para kaum laki-laki saja.

Makna Dibalik Motif Kain

Kain tradisional merupakan perwujudan dari budaya yang bersangkutan. Kain tradisional mempresentasikan budaya setempat. Hal yang sama terjadi pada kain Adonara. Motif kain Adonara juga mempresentasikan adat dan budaya masyarakat Adonara. Motif-motif yang dipakai dalam kain ini menggambarkan keindahan alam dan budaya Adonara yang sangat menakjubkan.

Sama seperti kain batik di Jawa, pemakai kain tradisional Adonara disesuaikan dengan status sosial pemakainya. Kain adonara yang dipakai laki-laki berbeda dengan kain yang dipakai oleh kain perempuan. Saat ini, kain tradisional yang satu ini dipakai dalam acara-acara khusus, seperti pernikahan, pemakaman dan lain sebagainya.

Perlengkapan lain yang biasanya harus ada ketika memakai kain Adonara adalah selendang. Nah, selendang ini biasanya dipakai oleh laki-laki maupun perempuan. Kain Adonara adalah kain tradisional kebanggaan masyarakat Adonara. Bila anak-anak mereka meninggalkan kampung, mereka akan membekalinya dengan kain Adonara agar mereka selalu ingat dengan kampung halamannya.

Kain Adonara adalah tradisional yang syarat dengan budaya, kita wajib melestarikan kain tradisional yang satu ini. Jika Anda penarasan dengan bentuk dan wujud dari kain tersebut, langsung saja kunjungi Adonara Flores Timur . Anda akan menemukan banyak kain khas Adonara yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat. Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak, dan sesuai topik!