Larantuka,Wisata Religi dan Alam Menarik di Pesisir Laut Flores Timur

Larantuka,Wisata Religi dan Alam Menarik di Pesisir Laut Flores Timur
Selama ini Larantuka Flores Timur hanya dikenal dengan wisata Religinya saja yakni Semana Santa ketika pekan suci saat menjelang perayaan Paskah, sehingga menjadikan Larantuka jadi tempat ibadah utama dari umat katolik.

Bukan hanya dari masyarakat Indonesia saja, bahkan wisata luar negeri juga banyak yang datang ke Larantuka untuk mendapat pengalaman religi dan berwisata.

Padahal jika anda perhatikan, Larantuka mempunyai lebih banyak lagi. Misalnya saja pesona alam dari Pantai Timbul yang ada di Mekko sampai pada pemandangan sunset yang sangat indah yang ada di Pantai Kawaliwu.

Memang wisata religi di Larantuka merupakan wisata yang menjadi andalan, pada dasarnya Larantuka Flores Timur ini juga mempunyai kebudayaan dan juga ritual, dan kedua hal tersebut bisa dijadikan potensi wisata.

Wisata Religi yang Terdapat di Larantuka

Wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur ini sayangnya hanya dikenal di bagian barat. Padahal jika anda melihat, ada banyak sekali pesona alam di bagian timur dari pulau Flores Nusa Tenggara Timur.

Yang bahkan masih banyak belum diketahui orang, Jika diketahui pun hanya Pulau Lembata saja yang terkenal oleh para wisatawan.

Bahkan hal ini juga dikarenakan pulau Lembata ini dikenal pada desa Lamalera dengan tradisinya yakni perburuan ikan paus pada pertengahan tahun.

Padahal berdekatan dengan Lambata, ada tiga pulau lain yang sangat kental akan tradisi religinya. Sehingga tiga pulau tersebut juga dikenal dengan wisata religinya. Salah satunya ialah kota Larantuka yang ada di pulau Flores ini.

Di Larantuka ada tradisi peringatan untuk kebangkitan dan kematian Yesus dan tidak ada di tempat yang lainnya. Kota yang dipenuhi dengan peninggalan dari Portugis ini juga punya tradisi trewa dan juga prosesi arakan laut yang tidak bisa anda jumpai ditempat lain. Tempat ini akan sangat ramai pada saar perayaan Paskah.

Larantuka ’Sister City’ Lisabon

Larantuka berada di kabupaten Flores Timur, Bukan hanya dikenal sebagai tempat tujuan wisata religi dan wisata alamnya saja di Nusa Tenggara Timur, namun juga dikenal sebagai Sister City Lisabon.

Hal ini dikarenakan Larantuka Flores Timur ini juga pernah diresmikan sebagai kota yang kembar dengan Lisabon. Jika dilihat secara geografis, wilayah dari Larantuka ini ada di kaki Gunung Mandiri, Ile Mandiri dan berada di pesisir pantai ujung Timur dari Pulau Flores.

Hal ini juga yang membuat Larantuka jadi kota pelabuhan yang juga paling ramai di daerah Flores Timur. Slain itu juga karena letaknya Larantuka yang berada di pinggir pantai inilah yang membuat dari dulu Larantuka kerap disinggahi oleh turis asing.

Larantuka juga kerap kali menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur, baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara sekalipun.

Bukan hanya keindahan alam pantainya saja yang bisa anda nikmati, keindahan gunung juga sangat memukau. Bahkan juga akses untuk transportasi cukup mudah untuk dijangkau. Ketika pesawat mendarat dari bandara Gewayantana Larantuka anda akan mendapat pesona alam yang menawan.

Destinasi Alam Kelas Dunia

Di Larantuka Flores Timur memang wisata religi dijadikan andalan, namun wisata alam di Pulau ini juga tak kalah menariknya. Meskipun waktu terbaik untuk berkunjung ke Larantuka adalah saat Semana Santa, karena anda bisa melakukan wisata religi juga.

Namun sekarang ini pihak pemerintah juga mulai menyediakan paket wisata yang bisa membuat para wisatawan juga semakin betah berada di pulau Flores ini.

Aksesbilitas untuk pariwisata ke Larantuka juga cukup mudah dan bisa dijangkau dengan menggunakan dua penerbangan, yakni dari kupang ketika pagi hari dan sore hari.

Selain itu untuk fasilitas dan akomodasi yang disediakan juga cukup bisa membuat para wisatawan merasa aman dan juga nyaman serta terus dikembangkan hingga sekarang ini. Namun masalah utama yang dimiliki ialah masalah sampah, masyarakat belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan yang ada di tempat wisata.

Meskipun demikian pemerintah juga terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan. Dengan tumbuhnya kesadaran dari masyarakat maka bisa mendukung tumbuh kembangnya pariwisata yang ada di Larantuka Flores Timur. Semoga bermanfaat

Comments