Rinca, Simbol Ikonik Wisata Pulau Flores yang Didambakan Traveler

Rinca, Simbol Ikonik Wisata Pulau Flores yang Didambakan Traveler
Seorang traveler sudah pasti mendambakan wisata Pulau Flores yang indah secara nyata. Mengapa nyata? Karena Anda pasti banyak mendengar dan membawa beragam informasi mengenai beragam tempat wisata yang indah.

Namun setelah dikunjungi, tempat wisata tersebut justru berbeda jauh dari bayangan. Bila hal ini terjadi pada Anda tentunya tidak hanya kesal namun Anda juga kecewa bukan?

Untuk menghindari rasa kecewa, Anda bisa menjadikan Flores sebagai salah satu daftar destinasi wisata. Selain sudah populer tidak hanya di dalam negeri, Flores juga mempunyai jajaran tempat wisata, budaya dan cerita sejarah yang melegenda.

Bila Anda berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Flores di waktu yang tepat, Anda bisa menyaksikan adat budayanya.

Wisata di Pulau Flores yang Cocok untuk Trekking

Traveler erat kaitannya dengan aktivitas trekking. Beruntungnya Indonesia memiliki beragam spot untuk trakking yang menantang. Satu diantaranya ialah Pulau Rinca.

Apabila di Pulau Komodo populer dengan cerita alam bawah lautnya yang eksotis, di Pulau Rinca justru jalanan trekkingnya yang menawan. Trekking di salah satu wisata pulau flores tersebut memberikan sejuta pengalaman yang tidak terduga.

  • Perjalanan yang menantang

Untuk sampai di Pulau Rinca ternyata juga membutuhkan niat yang kuat. Mengapa? Karena tantangan Anda dimulai dari awal perjalanan menuju Pulau Rinca.

Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di pulau cantik tersebut sekitar 2 jam lamanya bila dimulai dari Labuan Bajo dengan memanfaatkan armada laut.

  • Kondisi tanah yang berubah-ubah

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum trekking ke Pulau Rinca adalah kondisi tanahnya yang selalu berubah-ubah. Selain berbekal niat Anda juga harus mempersiapkan mental ketika menapaki jalanan di Pulau Rinca.

Pasalnya, saat musim kemarau Anda harus melewati tanah lapang. Saat pasang, Anda harus mencari jalanan yang lebih tinggi. Karena banyak kepiting merah di lokasi tersebut.

Wisata di Flores yang Menantang

Tertantang untuk menjelajahi Pulau Rinca yang merupakan salah satu wisata pulau Flores? Eits, Anda benar-benar harus menyiapkan tenaga yang ekstra dan mental yang kuat lho!

Bagaimana tidak, pulau yang satu ini adalah bagian dari habitat kadal raksasa purba. Masyarakat mengenal binatang ini dengan komodo. Hal ini bisa terjadi lantaran letaknya yang tidak jauh dari pulau istimewa yaitu Pulau Komodo.

Masuk ke dalam Taman Nasional Komodo

Menjadi habitat dari hewan yang dilindungi membuat Pulau Rinca masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Taman yang beberapa tahun ke belakang menjadi pilihan destinasi wiasata masyarakat Indonesia.

Barangkali karena hal inilah Pulau Rinca dinilai menjadi simbol ikonik di kawasan Flores. Perjalanan masuk ke pulau tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

  • Perlu pengawasan yang ekstra

Masih berkaitan dengan habitat sang komodo menjadikan Pulau Rinca sebagai kawasan wisata yang memerlukan pengawasan ekstra. Perjalanan Anda menuju lokasi tersebut harus didampingi dengan guide dan pengamanan ekstra lantaran di sekitar tempat wisata di kelilingi komodo yang lapar. Saat lapar, konon komodo akan menjadi lebih liar sehingga bisa jadi membayakan keamanan pengunjung.

  • Wisata di Pulau Flores yang Tidak Monoton

Rinca memang cocok menjadi destinasi wisata Pulau Flores yang diidamkan para traveler. Alasannya sederhana selain karena banyak tantangan yang harus ditempuh, tempat wisata tersebut juga memiliki spot yang tidak membosankan untuk dikunjungi berulang kali. Berikut adalah spot wisata yang cocok untuk Anda jadikan sebagai lokasi swafoto atau beristirahat sejenak untuk melepas lelah.
  1. Puncak bukit menawan yang berubah sesuai musim
  2. Padang savana yang sangat luas memudahkan pengunjung mengambil angle foto yang bagus
  3. Pantai yang dilengkapi dengan pasir putih cocok digunakan sebagai tempat swafoto
  4. Jalur trekking yang menantang untuk dilewati sampai di atas bukit
Keindahan di alam Rinca menjadi bukti bahwa Flores pantas menyandang sebagai destinasi wisata pilihan traveler. Apalagi dalam pulau tersebut tidak hanya pemandangannya yang indah melainkan ada hal menarik lainnya seperti flora dan faunanya, jalur trek yang menantang sampai spot swafoto. Tidak salah bila Anda yang memiliki hobi traveling berkunjung ke tempat wisata Pulau Flores.

Comments