Surga Bawah Laut Yang Tersembunyi Di Tempat Wisata Pantai Riung Flores

Surga Bawah Laut Yang Tersembunyi Di Tempat Wisata Pantai Riung Flores
Wisata Pantai Riung merupakan obyek wisata pantai menarik yang ada di Kabupaten Ngada di Pulau Flores. Indonesia memiliki banyak pantai yang indah dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata.

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang takjub dengan keindahan pantai yang ada di Ngada ini. Salah satu pantai terindah yang belum banyak di explore oleh wisatawan adalah pantai Riung.

Nama lengkap obyek wisata ini adalah Taman Laut 17 Pulau Riung. Obyek wisata pantai Riung ini adalah sebuah obyek wisata berupa gugusan pulau-pulau besar dan kecil yang tidak berpenghuni.

Meski namanya 17 pulau Riung, jumlah pulau yang ada di lokasi ini bukanlah 17, tetapi 24 pulau yang letaknya saling berdekatan.

Dinamakan 17 pulau riung untuk mewakili tanggal kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Taman wisata 17 pulau Riung merupakan obyek wisata terkenal yang menawarkan pemandangan bawah laut sempurna.

Pemandangan Pantai Riung yang Menakjubkan

Wisata Pantai Riung merupakan surga bagi wisatawan, hal ini disebabkan karena obyek wisata pantai dan laut yang satu ini memiliki pamandangan pantai dan laut yang sangat menakjubkan.

Disini, Anda akan bisa menikmati deburan ombak berbuih putih yang sangat indah. Pantai berpasir putih sangat indah dan mengundang banyak wisatawan untuk bermain pasir.

Seperti sudah disebutkan tadi bahwa, ada 24 pulau besar dan kecil yang siap menawarkan keindahan bagi para pengunjungnya.

Pulau-pulau tersebut adalah Onteloe (ini adalah pulau yang paling besar), pulau dua, pulau batang kulong, pulau Rutong, pulau meja dan lain sebagainya.

Pengunjung yang datang ke obyek wisata ini bisa berpetualang dan menikmati keindahan pulau-pulau tersebut. Pengunjung bisa mengekplorasi keindahan pulau-pulau di sekitar tempat wisata pantai Riung.

Perlu diketahui bahwa pulau-pulau ini adalah tempat tinggalnya hewan-hewan eksotis yang langka. Disini, anda bisa menyaksikan Rusa timor yang eksotis,

Komodo berukuran kecil atau sering disebut dengan biawak Mbou. Anda juga bisa menyaksikan aneka jenis burung langka, seperti perkit berdada kuning, bangau hitam, burung beo, bluwok, elang aneka jenis kelelawar dan lain sebagainya.

Taman Laut yang Mempesona

Masing-masing pulau di wisata pantai Riung memiliki keistimewaan tersendiri. Pulau Rutong misalnya memiliki bentuk mirip bulan sabit melengkung indah dan dihiasi dengan pasir putih yang menawan.

Pulau Batang Kulong merupakan pulau indah yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya. Disini, anda bisa menyaksikan mawar laut yang langka.

Mawar laut merupakan organisme unik yang memiliki lapisan seperti rambut berwarna merah yang berdenut. Bentuk organisme yang satu ini sangat indah karena mirip seperti bunga mawar yang bergerak. 

Selanjutnya, adalah pulau meja. Pulau meja merupakan pulau tempat tumbuhnya karang lunak atau acropora yang berbentuk seperti meja yang sangat indah.

Pulau indah berikutnya adalah pulau Sui. Pulau yang satu ini sering dijadikan tempat untuk membuat video laut karena memiliki jurang jurang yang indah tertutup dengan acropora.

Jurang-jurang curam yang indah seperti ini sangat langka sehingga banyak penyelam yang mengabadikannya dengan kamera bawah air. Pulau yang lain yang tak kalah menariknya adalah pulau kawat. 

Pulau kecil ini berada tepat di depan kampong orang Bajo salah satu kampung yang cukup terkenal di wilayah ini.Pulau kawat memiliki hutan mangrove yang menghijau. Selanjutnya, adalah pulau Ontologi.

Pulau yang satu ini merupakan rumah bagi kelelawar raksasa yang biasanya bergerak dan terbang di malam hari. Disini, anda juga bisa menyaksikan banyak monyet bergelantungan di dahan pohon mengrove.

Harga Tiket Masuk Pantai Riung

Pantai Riung merupakan obyek wisata alam yang masih perawan. Meski pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan tempat ini masih belum banyak di eksplorasi oleh para wisatawan.

Jadi, anda tidak akan menemukan keriuhan, seperti pantai di Pulau Bali. Disini, anda akan disuguhi suasana alam yang masih natural. Obyek wisata ini menawarkan keindahan langka yang tidak akan anda temui di tempat wisata lainnya.

Untuk berkunjung ke tempat ini anda bisa melakukan kapan saja. Tidak ada portal dan tidak ada karcis masuk. Anda tinggal datang dan menikmati keindahan wisata pantai Riung yang fenomenal ini. Semoga bermanfaat.

Comments