Teluk Maumere, Spot Diving di Flores yang Tak Boleh Terlewatkan

Teluk Maumere, Spot Diving di Flores yang Tak Boleh Terlewatkan
Bingung cari spot diving di Flores yang terbaik di mana? Teluk Maumere tidak boleh Anda dilewatkan. Teluk ini berada di wilayah Maumere Flores,NTT  sebagai salah satu kota terbesar di pulau Flores.

Berkunjung ke kawasan ini Anda tidak hanya disambut dengan penduduk yang ramah, tapi juga dapat bercengkrama dengan penghuni bawah lautnya yang sangat indah.

Teluk Maumere adalah destinasi diving yang tepat untuk Anda yang gemar menyelam. Ada banyak sekali terumbu karang dan beragam ikan yang beraneka warna yang semakin menambah cantik surga bawah laut di Teluk Maumere.

Mengenal Teluk Maumere

Teluk Maumere berada di Maumere, yaitu sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur Indonesia. Kota ini menjadi satu-satunya kota terkecil yang pernah dikunjungi oleh Sri Paus Yohanes Paulus 2 di tahun 1989.

Maumere sendiri menjadi pintu gerbang ke wilayah timur kepulauan yang memiliki beberapa hasil alam seperti kopra, pisang, kemiri dan juga kakao. Maumere juga dikenal sebagai tempat usaha kerajinan tangan yang mendunia seperti tenun ikat bermotif.

Berbicara tentang Maumere, Teluk Maumere ternyata menyimpan surga bawah laut yang yang sangat populer. Teluk Maumere menjadi salah satu spot diving di Flores yang sangat keren.

Dengan air laut yang jernih serta biota yang beranekaragam, membuat siapapun betah berlama-lama snorkeling maupun diving di sini.

Teluk Maumere Mendapat Penghargaan "The Most Popular Diving Spot"

Tepatnya pada tahun 2017, Teluk Maumere mendapatkan penghargaan sebagai "The Most Popular Diving Spot". Teluk Maumere memang sepertinya menawarkan keindahan alam dan keunikan budaya yang patut diacungi jempol.

Meskipun pernah terjadi tsunami dan gempa bumi yang dahsyat pada tahun 1992 hingga meluluhlantahkan Maumere.

Namun pemerintah pusat bersama daerah tidak tinggal diam untuk membangun kembali surga bawah laut di Teluk Maumere yang sempat rusak parah.

Salah satu spot diving di Flores yang terbaik ini tetap terjaga juga berkat dukungan dari pemerintah Australia yang ikut serta dalam menanam kembali terumbu karang agar ekosistem bisa kembali ke kondisi semula melalui program Kurmap.

Tak tanggung-tanggung dimana program ini berjalan hampir 20 tahun untuk mengembalikan kecantikan Teluk Maumere. Teluk Maumere semakin menjadi spot diving yang tidak boleh dilewatkan dengan bermunculannya terumbu karang yang unik.

Maumere juga semakin indah dengan adanya Palung dan goa baru di bawah laut. Bahkan di sini juga ditumbuhi dengan berbagai ikan yang belum dikenal dimanapun.

Sehingga tak heran jika Teluk Maumere saat ini menjadi tujuan wisata lokal maupun mancanegara yang ingin menyelam atau diving.

Menurut Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, bahwa kunjungan ke Teluk Maumere saat ini mencapai 45.726 wisatawan dengan 15% diantaranya dari Eropa.

Sejak tahun 2015 jumlah wisatawan ke teluk Maumere memang terus meningkat mulai dari 15% hingga 30% setiap tahunnya.

Pemerintah setempat sendiri juga terus mengadakan berbagai acara di Teluk Maumere untuk menjadi stimulus yang dapat menarik kunjungan wisatawan.

Surga Bawah Laut Teluk Maumere

Sudah bukan rahasia lagi jika pesona bawah laut di Indonesia timur memang juara. Tak terkecuali Teluk Maumere sebagai salah satu spot diving di Flores yang harus dicoba.

Apalagi Teluk Maumere masih jarang dijelajahi oleh wisatawan, sehingga kemurnian terumbu karang beserta ikan hiasanya disini masih sangat terjaga.

Sangat luar biasa indah dimana para diver akan dimanjakan denga  terumbu karang yang berwarna warni dan masih sehat.

Tidak hanya itu saja, karena di Teluk Maumere pengunjung akan disajikan ikan hias berwarna warni yang akan menemani Anda menyelam.

Bahkan ada juga jenis ikan laut lainnya seperti ikan pari, Ikan Duyung dan apabila beruntung akan bertemu dengan ikan paus. Mengunjungi Teluk Maumere, Anda juga bisa berangkat ke pulau koja doi dengan menggunakan jasa penyelaman yang tersedia.

Harga sewanya mulai dari Rp500.000 hingga Rp4.000.000 sesuai dengan kedalaman yang diinginkan ketika menyelam. Jadi, jangan lewatkan Teluk Maumere sebagai spot diving di Flores saat Anda berkunjung ke pulau ini. Semoga bermanfaat..

Comments