Destinasi Wisata Wae Rebo di Flores dan Keunikannya

Destinasi Wisata Wae Rebo di Flores dan Keunikannya
Wisata Wae Rebo menyimpan pesona yang menakjubkan. Dari beragam pesona wisata yang ada di Flores, Wae Rebo bisa menjadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Siapa sangka desa tradisional yang berada di ketinggian 1200 meter ini dinobatkan menjadi desa dengan panorama yang indah. Pengunjung juga menyebutnya sebagai desa di atas awan.

Ya, karena letaknya yang berada di ketinggian, orang-orang yang mengunjungi tempat ini harus berjuang terlebih dahulu sebelum pada akhirnya sampai di Desa Wae Rebo.

Menariknya, sesampainya di desa tersebut Anda benar-benar disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Bila dirasakan perjuangan selama perjalanan wisata Anda terbayar saat melihat jajaran gunung lengkap dengan rumah adat.

Lokasi Wisata Wae Rebo

Berbicara mengenai wisata yang ada di Flores kurang lengkap tanpa mengetahui lokasinya. Lantas dimana lokasi destinasi wisata ini? Desa Wae Rebo terletak di Nusa Tenggara Timur.

Bila dilihat dari letak geografisnya, tempat wisata ini terletak di bagian barat daya Kota Ruteng. Desa Wae Rebo secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Manggarai.

Bila dilihat dari lokasinya, memang benar Desa Wae Rebo berada di ketinggian atau tepatnya di atas gunung. Bayangkan saja untuk masuk ke dalam desa tersebut Anda harus rela menaiki pegunungan yang tingginya 1200 meter dari atas permukaan laut.

Saking tingginya, Wae Rebo kerap disebut sebagai desa paling tinggi di Indonesia. Masih berkaitan dengan lokasinya yang tinggi, setiap pagi bila pengunjug beruntung akan disuguhi pemandangan kabut tipis yang sebagian menutupi lereng gunung dan rumah adat.

Kabut tipis tersebut akan perlahan menghilang saat waktu sudah mulai siang. Tidak hanya itu, berada di ketinggian mengharuskan pengunjung tracking paling tidak selama 3 jam lamanya.

Keunikan Wisata Desa Wae Rebo

Keindahan yang ada pada alam Wae Rebo tak bisa terelakkan. Hal ini menjadi bukti bahwa destinasi wisata Wae Rebo pantas untuk dikembangkan oleh masyarakatnya.

Masyarakat Flores misalnya kerap kali menghabiskan masa liburan dengan berkunjung ke Wae Rebo. Lantas keunikan apa saja yang disajikan dari desa terindah di Indonesia ini?
  • Terdapat sekitar tujuh rumah utama
Saat berkunjung ke Desa Wae Rebo Anda akan menjumpai rumah-rumah adat yang unik dan tradisional. Rumah adat tersebut ialah Mbaru Niang.

Konon rumah dengan ciri khas tradisionalnya ini merupakan rumah adat yang langka. Bagaimana dengan bentuknya? Bentuknya tampak unik karena bagian atap mirip seperti lumbung. Menariknya jumlahnya sekitar tujuh buah.
  • Masyarakatnya mempunyai hari khusus
Tidak hanya dari sisi alamnya yang menawan, penduduk yang tinggal di desa Wae Rebo juga mempunyai hari khusus yang diistimewakan. Adalah bulan September menjadi bulan yang paling ditunggu.

Pada bulan tersebut masyarakat merayakan upacara adat yaitu adat penti. Perayaan ini merupakan wujud rasa syukur atas berlimpahnya hasil panen dalam kurun waktu satu tahun.

Akses Menuju Wisata Rebo

Ingin segera berwisata ke tempat ini? Untuk sampai ke tempat wisata tersebut tidak ada salahnya Anda melihat akses yang dapat digunakan.

Berhubung lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, Anda disarankan untuk menyewa tour guide. Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan selama perjalanan menuju lokasi wisata Wae Rebo.
  • Rute perjalanan ke Wae Rebo dimulai dari Denge
  • Untuk menuju Denge Anda perlu menaiki transportasi umum
  • Sebelum sampai ke Denge, Anda harus memulai perjalanan dari Ruteng yaitu ibukota dari Kabupaten Manggarai
  • Sementara bila dari Bali, Anda dapat mengambil penerbangan langsung menuju Ruteng
  • Jalur paling mudah dan sering dipilih wisatawan adalah dari Labuan Bajo kemudian menggunakan travel menuju Ruteng
  • Gunakan bemo dari Ruteng untuk menuju Denge
  • Alternatif lainnya yaitu menggunakan oto kayu atau truk yang lewat setiap hari
Menarik bukan? Selain pemandangan yang indah, rumah adat yang kental dengan ciri khasnya, Anda bisa mencicipi kuliner khas yang dimasak oleh para penduduk.

Terlebih bila Anda berkunjung pada hari istimewa. Karena masyarakat desa tersebut sangat menghormati adat, tentu saja Anda sebagai wisatawan sudah pasti harus memperhatikan tata krama dalam berkunjung ke tempat wisata Wae Rebo.

Comments