Bukit Wairinding Sumba NTT Padang Rumput Luas Bermuka Dua

Bukit Wairinding Sumba NTT Padang Rumput Luas Bermuka Dua
Bumi Sumba memang diberkati dengan pemandangan alam yang keindahannya beda dengan lainnya di Indonesia, seperti Bukit Wairinding Sumba Nusa Tenggara Timur.

Keadaan topografi Sumba yang lebih dominan dengan serangkaian pegunungan dan juga perbukitan kapur membuat wilayah Sumba Timur ini menjadi eksotik dan unik dari daerah lain di Nusa Tenggara Timur.

Bukit Wairinding ini memang semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan sejak jadi salah satu lokasi untuk shooting film pendekar tongkat emas.

Bukit ini memang punya landscap yang begitu mempesona. Jika Anda berkunjung ke Sumba Timur, maka Anda akan menyaksikan kepingan surga yang ada di perbukitan. Bukit Wairinding berada di Desa Pambota Jara.

Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Sumba Timur untuk tiba di Bukit Wairinding Sumba dengan vegetasi berupa padang rumput nan luas.

Pemandangan bukit yang sangat mempesona dan elok akan membuat siapa saja terpesona akan keindahannya. Bukit Wairinding akan memberikan Anda dua wajah yang berbeda pesonanya.

Anda bisa melihat padang savana berwarna kuning saat musim kemarau tiba tapi akan terlihat sangat hijau saat musim hujan. Jika Anda berkunjung ke bukit ini saat musim tersebut tentu akan memberikan Anda kesan berbeda pula. Bukit Wairinding ini ialah tempat untuk wisatawan yang ingin menikmati keheningan, keindahan, dan kesunyian.

Alasan Datang ke Bukit Wairinding

Berwiasata atau berlibur di Bukit Wairinding Sumba ini bukan hanya akan memperlihatkan kepada Anda pesona sebuah bukit saja. Bukit Wairinding juga memberikan pemandangan padang rumput luas dan bukit-bukit disekitar mengelilingi.

Padang Sabana nan luas memberikan kesan lekukan indah dan terlihat sangat eksotis. Anda akan betah melihat pesona alam ini langsung. Sama seperti sabana yang ada di Taman Nasional Baluran. Di Bukit Wairinding Anda juga bisa melihat pemandangan berbeda.

Saat Anda datang di musim kemarau, maka Anda mendapatkan padang tandus seperti berada di Afrika. Namun jika Anda datang di musim hujan, maka Anda akan mendapatkan padang hijau seperti di New Zeland.

Ketika Anda berkunjung ke Bukit Wairinding Sumba Nusa Tenggara Timur ini, maka Anda bisa mendapatkan bonus menarik yakni bisa berfoto dengan anak-anak sumba dan juga kuda cantik dengan warna coklat putih yang khas Sumba.

Anak-anak Sumba hampir tiap hari bermain di area bukit. Anak-anak tersebut juga sangat ramah dengan wisatawan. Pemandangan paling menarik selain bukit dengan dua wajah ialah waktu saat Anda berkunjung ke bukit ini.

Senja merupakan waktu paling tepat jika Anda akan berkunjung ke Bukit Wairinding. Anda bisa menikmati sunset yang sangat indah di bukit ini. Banyaknya spot menarik untuk berswafoto juga membuat bukit ini banyak digemari wisatawan.

Akses Lokasi Wisata Bukit Wairinding Sumba

Untuk sampai di Bukit Wairinding ini, Anda bisa menggunakan jasa bus umum, travel atau bahkan jika Anda ingin lebih praktis maka Anda bisa memanfaatkan kendaraan bermotor untuk disewa di Waingapu.

Lokasinya berada sekitar 25 km pusat kota Waingapu. Harga sewa kendaraan juga berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil dan paket diinginkan. Untuk harga sewa mobil umumnya sekitar 500 ribu sampai 600 ribu rupiah dan sudah satu paket dengan sopir berpengalaman.

Namun jika tidak menggunakan sopir juga bisa. Untuk sewa motor sendiri sekitar 100 ribu rupiah setiap harinya. Akses jalan menuju ke Bukit Wairing ini memang sudah bagus dan halus meskipun berkelok.

Sekitar 30 sampai 45 menit, Anda sudah sampai di bukit Wairinding. Sedangkan yang menjadi patokan untuk lokasi wisata bukit ialah adanya warung kecil di sebelah kanan jalan.

Wisatawan juga bisa memarkirkan mobilnya di area parkir yang sudah disediakan disekitar warung yang juga digunakan sebagai tempat tinggal untuk penduduk setempat.

Untuk harga tiket masuk ke bukit wairinding wisatawan hanya dikenakan biaya seikhlasnya untuk penduduk setempat dan Anda akan diminta mengisi buku tamunya. Sedangkan fasilitas yang ada di lokasi wisata memang kurang lengkap. Hanya ada warung yang tidak lengkap. Sebaiknya Anda membawa bekal sendiri saat berkunjung ke Bukit Wairinding Sumba NTT.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak, dan sesuai topik pembahasan.