Menikmati Kota Terdingin Nan Cantik Soe Nusa Tenggara Timur

             Menikmati Kota Terdingin Nan Cantik Soe Nusa Tenggara Timur
Soe Nusa Tenggara Timur lokasinya berada di Ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan dan berjarak sekitar 110 km dari Kota Kupang. Kota Soe mencapai 28 km persegi dengan bentang alam yang bisa dikatakan sangat menakjubkan dan memanjakan mata siapapun yang menyaksikan.

Menikmati panorama Soe membuat Anda terasa terhipnotis akan keindahannya. Nama Soe sendiri berasal dari Uab Meto atau bahasa Timor yang punya arti sebagai menimbah atau timbah. Awal mula nama kota ini ialah saat seorang tentara kolonial melakukan patroli dan bertemu dengan wanita pribumi yang saat itu sedang menimba air pada sebuah mata air.

Tentara tersebut lantas menanyakan nama tempatnya. Akan tetapi karena kendala bahasa keduanya, maka wanita pribumi tersebut menjawab jika ia sedang menimba air namun menggunakan bahasa Timor ‘au soe oe’. Tentara kolonial tersebut justru menangkap ucapan wanita tersebut hanya kata Soe saja.

Jadi tentara kolonial tersebut melapor kepada atasannya jika tempat yang dikunjunginya ialah Soe namanya. Nusa Tenggara sendiri memang merupakan salah satu surga alam dengan potensi dalam bidang pariwisata juga sangat mempesona.

Bukan hanya Pulau Komodo saja yang bisa Anda jumpai di Nusa Tenggara Timur dengan alam asrinya. Salah satu tempat yang juga jadi tempat favorit adalah Soe Nusa Tenggara Timur dengan destinasi wisata menarik.

Mengenai Kota Membeku Soe Nusa Tenggara Timur

Kota Soe NTT sejak didirikan tahun 1920 juga terus mengalami perkembangan sampai sekarang ini. Salah satu kota yang ada di Nusa Tenggara Timur ini juga sudah jadi tempat tinggal untuk beragam jenis golongan masyarakat yang saling berinteraksi di kehidupannya sehari-hari.

Kota ini merupakan kota terdingin di Pulau Timor, Soe dikenal dengan sebutan The Freezing City atau juga kota membeku. Hal ini dikarenakan kota Soe cuacanya memang jauh lebih dingin jika dibandingkan dengan kota yang lainnya di Pulau Timor.

Soe lokasinya juga jauh dari kota-kota besar, sehingga akan memberikan tawaran kesejukan dan ketenangan untuk wisatawan untuk menghabiskan waktu luangnya. Kota Soe berada di antara Kupang dan Timor Leste yang merupakan negara tetangga.

Karena lokasi inilah membuat Kota Soe Nusa Tenggara Timur dijadikan tempat untuk singgah antar transportasi atau angkutan darat di Pulau Timor. Daerah Soe juga merupakan kawasan yang punya tanah berbukit atau perbukitan dan struktur tanahnya juga bergulung. Bahkan kemiringan lerengnya sampai 40 detajat.

Sedangkan kota Soe ini di ketinggian sekitar 792 mdpl. Oleh sebab itu udara di kota ini lebih dingin dan juga sejuk. Karena lokasinya yang berada di pegunungan dan juga dikelilingi dengan perbukitan, maka kota ini punya beberapa destinasi wisata alam menarik yang wajib Anda kunjungi.

Destinasi Wisata Menarik Kota Soe

Salah satu destinasi wisata menarik di kota Soe Nusa Tenggara Timur ialah berwisata di ladang bunga lavender yang berlokasi di Noinbila. Desa Noinbila ini berada di kabupaten Timor Timur Selatan. Anda bukan hanya bisa menikmati air terjun tagepe saja melainkan juga bisa menikmati ladang bunga lavender yang sangat indah.

Selain itu di Soe, Anda juga bisa menemukan destinasi wisata menarik berupa bekas pertambangan marmer. Anda bisa mencoba spot foto menarik dengan latar belakang baru marmer yang besar dengan bentuk dadu dan juga jangan lupakan pemandangan alam nan mempesona. 

Lokasi wisata ini berada di Fatukolo, kecamatan Mollo Utara, kabupaten TTS. Selain bekas pertambangan marmer, Anda juga bisa menikmati bukit batu kapur yang berada di desa Pollo. Kecamatan Amanuban Selatan. Bukit batu kapur nan indah bisa Anda jadikan spot foto dan juga menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Satu lagi bukit di Soe yang tidak boleh Anda lewatkan yakni Bukit Fatukopa. Bukit gunung batu di desa Fatukopa jika dilihat sekilas memang menyerupai topi koboi, Bukit ditengah hijaunya pepohonan membuat lokasi wisata ini terlihat sangat asri. 

Di Soe memberikan Anda udara sejuk khas Eropa. Anda bisa menikmati beragam jenis wisata alam lain di kota Soe Nusa Tenggara Timur untuk list wisata Anda. Semoga bermanfaat

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak, dan sesuai topik pembahasan.