Danau Rana Mese Flores, wajib Anda kunjungi!

Danau Rana Mese Flores,wajib anda kunjungi.
Referensy pihak ketiga
Berbicara tentang keindahan dan keunikan alam pariwisata pulau Flores sepertinya tidak ada habisnya, salah satu yang hingga saat ini belum muncul ke permukaan dan jarang terekspos media adalah danau Rana Mese di Flores.

Jika selama ini masyarakat luas Indonesia lebih banyak mengenal Flores karena keindahan dan keunikan pantainya, dan terkenal dengan kata gersang, maka perlu untuk saya sampaikan bahwa masih ada bagian lain akan keindahannya yang perlu kita semua ketahui. 

Mengenal lebih dalam Danau Rana Mese


Danau Rana Mese merupakan salah satu obyek wisata alam di tanah Flores, satu dari sekian banyak wisata alam dengan pemandangan  unik dan indah. Dengan  luas kurang lebih 5 hektar (ha) dan dengan kedalaman sekitar 43 meter ini memiliki pemandangan sangat berbeda dari danau pada umumnya.

Di kelilingi hutan lebat dan pepohonan yang selalu hijau setiap musimnya tentu menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata Danau Rana Mese. Tempat wisata ini juga memiliki air yang sangat jernih, dan hal ini sering kali membuat wisatawan yang datang akan tergoda untuk berenang atau sekedar cuci muka.

Selain itu suhu udarah di kawasan danau Rana Mese bisa mencapai 14 derajat celsius, itu artinya anda harus membawa jaket jika ingin berwisata ke sini. Tempat wisata Danau Rana Mese ini sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata dengan suasana alam yang teduh dan sunyi.

Disini juga anda akan sering melihat itik liar dan burung khas Flores sedang berenang dan beterbangan diatas permukaan Danau Rana Mese. Dan ciri khas lain danau Rana Mese adalah pada waktu tertentu seperti pagi hari misalnya, permukaan danau ini akan diselimuti kabut, jika waktunya ini tiba anda akan merasa seperti sedang berada di dalam Negeri dongeng. Bagaimana menarik bukan !? hehe
  • Aktivitas
Kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat wisata danau Rana Mese Flores ini selain mencari tempat terbaik untuk berfoto, anda juga bisa memancing ikan, trecking, dan jalan santai mengeliling danau sambil menikmati pemandangan alam di sekitaran Danau.

Selain itu anda juga bisa mengelilingi danau Rana Mese dengan menggunakan perahu kecil yang telah disediakan oleh para pengelola. Untuk anda yang ingin berwisata bersama keluarga tidak ada salahnya jika jadikan danau Rana Mese sebagai salah satu destinasi liburan kebrikutnya,

karena tempat wisata danau Rana Mese satu ini dijamin memberikan pengalaman luar biasa untuk anda beserta keluarga, dan akan menciptakan sebuah kenangan tak terlupakan akan keindahan alam di bumi Manggarai Timur.
  • Lokasi
Danau Rana Mese berlokasi di jalur Trans Flores, tepatnya di desa Golo Loni, kecamatan Borong, kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tengga Timur.

Tempat wisata danau Rana Mese ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan berada di dalam kawasan hutan lindung. Dikarenakan keberadaannya di dalam kawasan hutan lindung sering kali
menjadikan Danau Rana Mese dianggap sebagai permata yang tersembuyi di alam Flores.
  • Akses
Akses menuju Danau Rana Mese terbilang cukup mudah, bagi anda yang datang dari Ibu kota Jakarta anda bisa memilih rute penerbangan dari bandara Soekarno Hatta - Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Selanjutnya dari Labuan Bajo ambil rute menuju Kota Ruteng, dari sini untuk menuju kota Ruteng ada dua pilihan. Bisa  dengan menggunakan bis atau dengan travel, sedangkan waktu tempuh untuk sampai kota Ruteng bisa mencapai 3 hingga 4 jam perjalanan.

Tempat wisata Danau Rana Mese juga lebih dekat dijangkau dari kota Ruteng ibu kota kabupaten Manggarai, karena jaraknya yang hanya 25 km dan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ketimbang dari Borong ibu kota Kabupaten Manggarai Timur. Jadi untuk anda yang sedang merencanakan liburan ke pulau Flores,NTT jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata Danau Rana Mese Manggarai Timur. 

Sedangkan untuk memperlancar perjalanan liburan anda bersama keluarga jangan lupa untuk membawa bekel makanan dan minuman, karena di tempat wisata Danau Rana Mese sendiri tidak ada pedagang makanan dan minuman, tempat ini bebas dari pedagang karena masuk di dalam kawasan hutan lindung.

Comments