Untuk Pariwisata Flores, Ini pesan mantan Menteri Pariwisata RI

                            Untuk Pariwisata Flores, Ini pesan mantan Menteri Pariwisata RI
Sejak Pariwisata Flores menjadi salah satu program unggulan dari Pemerintah pusat pada akhir tahun 2015 lalu, yaitu  destinasi wisata unggulan dan super prioritas. Pemerintah pusat melalui Kementerian pariwisata Republik Indonesia ( Kemenpar RI )  terus gencar melakukan upaya untuk mendongkrak perekonomian di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut.

Beberapa bulan setelah program ini resmi menjadi sebuah kabar gembira untuk masyarakat Flores, tepat pada bulan januari 2016 Menpar Arief Yahya bersama Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, dan beberapa pejabat terkait lainnya lansung melakukan pertemuan untuk membahas lebih lanjut mengenai Tour De Flores 2017.

Pertemuan ini berlansung di Gedung Kementerian Pariwisata jln. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Selain itu Kementerian Pariwisata juga melakukan beberapa upaya lain untuk mendukung agar Pariwisata Flores benar-benar terwujud sebagai  destinasi wisata unggulan

Salah satu  langkah yang diambil adalah dengan melibatkan anak-anak mudah kreatif Indonesia untuk  ambil peran aktif terhadap kemajuan pariwisata di tanah Flores, NTT.


Satu diantaranya adalah dengan mengadakan sebuah lomba, Lomba ini bertemakan Penulisan foto, video, dan blog Pariwisata Flores. Kegiatan ini dihadiri oleh 587 karya dari seluruh Nusantara, kegiatan Lomba ini bertujuan untuk mendukung kegiatan Tour De Flores.


Sedangkan Tour De Flores merupakan salah satu bentuk promosi yang bertujuan untuk menarik perhatian Wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara  terhadap Keindahan alam Pariwisata Flores, NTT.

Tour de Flores atau ajang  balap sepeda tahunan ini dihadiri oleh 24 Negara, Tour de Flores tahun 2017 lalu merupakan lanjutan dari Tour de Ijen Banyuwangi, Jawa Timur.

Poin penting dari terlaksananya Tour de Flores ialah untuk menjadikan Nusa Tenggara Timur sebagai Provinsi Pariwisata Indonesia, maka dengan terwujudnya Flores, NTT sebagai destinasi wisata unggulan dan super prioritas secara ekonomi untuk masyarakat Flores  tentu akan meningkat, karena perputaran  uang terus bergerak.

Sebagai generasi muda Flores saya berharap kita anak muda wajib ambil peran aktif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bagi siapapun yang datang berkunjung ke pulau Flores yang kita cinta ini.

Serta mampu menjaga kelestarian alamnya, Dengan mampu memfasilitasi tiga hal tersebut maka saya rasa Pariwisata Flores akan terus menjadi tujuan utama oleh para wisatawan domestik dalam Negeri maupun wisatawan mancanegara ( wisman)

Pesan Menpar RI Arief Yahya Saat itu

Menurut Menteri Pariwisata Republik Indonesia Bapak Arief Yahya, untuk  perkembangan Pariwisata Flores sendiri kita harus ikutin trend. Media baru sekarang ini menurut stastitik google bahwa anak-anak muda sekarang yang pertama mereka sukai adalah video, ke dua foto, dan yang ke tiga adalah teks atau artikel, tren seperti ini perlu kita ikutin.

Jika kita mengupas lebih jauh apa yang disampaikan oleh Bapak Menpar adalah bukan sesuatu yang tidak mendasar.  Generasi muda kita saat ini adalah  generasi yang disebut milenial, istilah lain dari kami adalah generasi android,  dan generasi emas hehe..

Mengikuti tren perkembangan jaman dan memanfaatkan canggihnya tegnologi dengan baik pasti membawa dampak positif  terhadap pariwisata di Negara kita Indonesia. Bagi saya pribadi Menteri pariwisata Bapak Arief Yahya adalah salah satu Tokoh penting terhadap kemajuan Pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Videografer, Fotografer dan Blogger

Seperti yang telah dilakukan Oleh Kementerian Pariwisata dibawah pimpinan Arief Yahya yang telah menghadirkan 587 Karya masing-masing terdiri dari Videografer, Fotografer dan Blogger.

Dengan melibatkan para pecinta seni dunia Videografer, fotografer maupun para penulis Blogger, tentu hal ini akan memberi dampak yang postif terhadap para generasi kreatif kita.

Secara tidak lansung langkah ini telah mendorong minat mereka untuk terus berkarya, serta telah mendapatkan sebuah kesan postif dan rasa apresiasi dari Pemerintah.

Dengan demikian kedepannya peran mereka terhadap pengembangan  pariwisata diseluruh pelosok tanah Air akan semakin terlihat, dan terus semangat untuk  mengeksplore berbagai keindahan alam bumi Pertiwi. Perlu untuk dicatat, peran dan keberadaan mereka sangatlah penting.

Keindahan alam wisata Fores

Kenapa Flores dijadikan salah satu destinasi wisata Prioritas? Bagi saya Pariwisata Fores bukan hanya sekedar tentang isi dari sebuah daratan yang membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur.

Tapi lebih dari itu, Flores tidak berlebihan bila saya menganggapnya sebagai kepingan surga yang jatuh ke Bumi. Dengan Ikonnya si makhluk Purba Komodo, Danau tiga warnah Kelimutu, dan desa Adat Negeri diatas awan Wae Rebo.

Ini tiga dari sekian banyak keindahan yang dimiliki oleh pulau bekas jajahan Portugis ini. Selain itu, pulau Flores memiliki kekayaan serta keunikan akan budaya dan adat istiadatnya, adat dan budaya ini adalah warisan dari para Leluhur Masyarakat Flores yang hingga kini terus dilestarikan oleh generasi mudanya. 

Comments