Bukit Cinta NTT, Tempat Wisata Romantis dan Bersejarah

Bukit Cinta NTT, Tempat Wisata Romantis dan Bersejarah

Dari penamaannya, Bukit Cinta NTT mengindikasikan adanya tempat romantis untuk sepasang muda-mudi menikmati liburan sederhana di Nusa Tenggara Timur.

Namun, di samping itu ternyata tempat wisata ini juga sarat dengan kisah sejarah panjangnya terkait kependudukan Jepang di Indonesia. Bukit ini tidak terletak begitu jauh dari bandara el tari, Kupang.

Biasanya menjelang sore hari Anda dapat menemukan berbagai muda-mudi menikmati wisata sederhana di tempat ini. Tidak heran, karena memang di tempat ini cocok sekali untuk menikmati pesona matahari terbit dan matahari terbenam.

Bukan hanya menjadi favorit anak muda ketika sore hari, namun tempat ini juga kerap menjadi destinasi untuk lari pagi atau jogging. Menikmati matahari terbit lantas berolahraga tentu mendatangkan sensasi kepuasan tersendiri. Bukan hanya fisik yang menjadi sehat, namun juga rohani Anda menjadi sehat.

Di Bukit Cinta NTT ini terdiri berbagai peninggalan sejarah di masa lampau, mulai dari berbagai peninggalan Jepang hingga peninggalan Belanda. Di samping mendapatkan kepuasan dengan menyaksikan keindahan matahari, menyehatkan tubuh dengan olahraga, juga dapat napak tilas.

Review Bukit Cinta di Nusa Tenggara Timur

Untuk mencapai destinasi wisata satu ini, Anda cukup mengunjungi Penfui Timur, Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Lokasi wisata ini cukup strategis karena berlokasi di antara perbatasan Kota serta Kabupaten Kupang. Berpotensi didatangi orang-orang dari Kabupaten dan juga Kota Kupang, NTT.

Bukit Cinta NTT bukan destinasi wisata yang ada di pelosok dan harus membutuhkan perjuangan untuk sampai ke lokasi. Destinasi satu ini letaknya di pinggir jalan sehingga dari bandara saja membutuhkan uang Rp 3.000 rupiah dengan menaiki transportasi umum roda 4. 

Sementara jika ingin lebih cepat, cukup keluarkan uang antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 agar dapat menggunakan transportasi ojek. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama teman-teman ketika mengunjungi destinasi wisata satu ini. 

Di antaranya sudah pasti Anda dapat jogging atau olahraga sore maupun pagi demi menjaga kesehatan. Jika Anda suka berfoto ria dan menelusuri peninggalan sejarah, semua dapat dilakukan.

Enaknya ketika mengunjungi destinasi wisata satu ini, banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan, namun tidak sepeser pun Anda akan dipungut biaya sebagai tiket masuk, dan sebagainya. Anda dapat piknik puas di tempat ini, entah itu bersama teman-teman, pasangan, atau juga dengan keluarga di rumah.

Jangan salah, meskipun Bukit Cinta NTT ini tidak menerapkan tiket masuk untuk menikmati destinasi wisatanya, namun ada lanskap alamnya membuat kita ingin mendatanginya lagi dan lagi. Banyak pepohonan rimbun yang dapat membantu kita menyembunyikan diri dari sinar matahari saat siang.

Sejarah Singkat di Balik Terbentuknya Bukit Cinta

Bukan hanya menjadi tempat memadu kasih, Bukit Cinta NTT juga lekat dengan peninggalan sejarah Jepang di Indonesia. Di tempat ini Anda akan menemukan gua peninggalan Jepang yang dijadikan tempat perlindungan di masa silam. Banyak juga puing-puing bangunan benteng yang konon dijadikan bandar udara di Kupang.

Dulu, perampasan rempah-rempah Indonesia memang mencapai Timor. Strategi orang-orang asing, baik itu Portugis, Belanda, dan juga Jepang ialah dengan mendekati rakyat dan melibatkan mereka dalam kekuasaan melemahkan negara asing lainnya. Yang dirugikan di sini sebenarnya warga negara Indonesia sendiri karena secara tidak langsung semua mengeruk SDA kita.

Hanya saja kala itu orang-orang Indonesia sendiri seolah tidak memiliki pilihan melainkan memihak salah satu negara asing tersebut. Alih-alih menguntungkan warga Indonesia, justru meninggalkan puing-puing reruntuhan yang sampai saat ini berdiri sebagai sejarah di Bukit Cinta NTT di kepulauan Nusa Tenggara Timur.

Kelak, benteng-benteng reruntuhan inilah yang akhirnya tertinggal di Penfui dan menjadi salah satu daya tarik di pinggir jalan Kupang. Tanpa menelisik sejarah, jika menyaksikan bukit cinta di saat ini, kita dapat menyaksikan lanskap alam yang indah.  Berbagai sisa bangunan menjadi spot foto yang menarik.

Ketika berlibur di Kupang, NTT, tidak selamanya Anda dihadapkan dengan destinasi wisata yang berbayar dan menghabiskan uang. Liburan sederhana tanpa mengeluarkan uang sekalipun dapat Anda peroleh dengan mengunjungi destinasi ini. Tidak ada ruginya untuk mengunjungi destinasi wisata gratis, Bukit Cinta NTT.

Comments